Kepulauan Togean Segera Nikmati Jaringan 4G

oleh
Ilustrasi

PALU –  Manager NSA Telkomsel Branch Palu, I Wayan Sudana menyatakan saat ini pihak Telkomsel sedang melakukan pembangunan satu unit repeater atau penguat signal di Desa Danda, Kecamatan Togean, Kabupaten Tojo Una-Una.

Kata dia, untuk Kepulauan Togean saat ini telah berdiri satu Base Trasceiver Station (BTS) dengan jaringan 2G, berada di lokasi Wakai.

“Jaringannya masih 2G, karena sistem masih menggunakan satelit, sehingga biaya operasionalnya besar,” katanya di Palu, Minggu.

Sehingga dengan pembangunan satu unit repeater kata dia, dapat menghubungan jaringan dari ibu Kota Kabupaten di Ampana ke Kepulauan Togean.

“Target kami, 3 bulan ke depan sejak hari ini, maka wilayah Togean dan Wakai akan dilayani oleh jaringan 3G dan 4G,” ungkapnya.

Sejauh ini kata dia, belum ada masalah dalam pembangunan, karena masyarakat dan pemerintah daerah sangat mendukung dalam pembangunan infrastruktur Telekomunikasi.

Beberapa waktu lalu, Wakil Bupati Tojo Una-Una Admin Lasimpala mengatakan sejumlah kendala sebagai daya topang percepatan pembangunan di bidang pariwisata yang bukan kewenangan pemerintah daerah, seperti jaringan listrik oleh PLN dan jaringan komunikasi/Informasi yang sangat dibutuhkan oleh wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal.

“Dengan jaringan telekomunikasi, mereka dapat mengendalikan usaha, berkomunukasi dengan rekan bisnis, dan keluarga di Kepulauan Togean dan dapat berlama-lama di kepulauan Togean, sehingga memberikan dampaknya terhadap pendapatan masyarakat dan daerah,” ungkap Admin. (FAUZI)

Tentang Penulis: Fauzi Lamboka

Gambar Gravatar
Belajar Menulis dan Menulis untuk Belajar