Kemenag Sulteng Ziarahi Makam Pahlawan dan Guru Tua

oleh

PALU – Jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulteng laksanakan upacara dan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tatura Palu, Selasa (2/1). Kegiatan itu dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, H. Abdullah Latopada.

Ziarah rombongan ini merupakan tradisi tahunan di Kanwil Kemenag Sulteng yang merupakan rangkaian acara Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke- 72. Yang berbeda adalah pada tahun ini dihadiri pula oleh jajaran Kantor Kemenag terdekat, yakni, Kemenag Kota Palu, Kemenag Kabupaten Donggala, dan Kemenag Kabupaten Sigi.

Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, menyampaikan kegiatan itu merupakan wujud terima kasih dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah memberikan kontribusi positif baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pembangunan sosial keagamaan di tengah-tengah masyarakat.

“Baik secara langsung maupun tidak langsung, para pendahulu ini berjasa terhadap pembangunan sosial keagamaan di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Provinsi Sulteng. Termasuk pula, terhadap perkembangan Kementerian Agama. Olehnya, kita patut mengenang jasa mereka, dan mendoakan mereka semua,” ujar Abdullah.

Selain ke TMP Tatura Palu, ziarah juga dilakukan di makam guru Tua, Ulama besar Sulteng, Pendiri Alkhairaat, Sayid Idrus Bin Salim Aljufri (Guru Tua), dan tahlil dan doa bersama untuk Kepala Kanwil Kemenag yang telah wafat.

Hadir dalam ziarah tersebut, Kepala Kantor Kemenag Kota Palu, H. Ma’sum Rumi bersama jajarannya, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Donggala, H. Abd. Muluk bersama jajarannya, dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sigi, H. Kamaruddin Syam bersama jajarannya, Pengawas serta Kepala Madrasah Negeri Kota Palu dan Donggala, dan perwakilan JFU pada Kanwil Kemenag Sulteng, Kemenag Kota Palu, Sigi dan Donggala. (YAMIN)