Kembangkan Pendidikan, Pemda Parimo Jalin Kerjasama dengan IPB

oleh
Bupati Parimo, H. Samsurizal Tombolotutu ketika menandatangani nota kesepahaman kerjasama (MoU) dan MoA dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). (Foto:Humas Pemkab)

PARIGI-Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong menggandeng Perguruan Tinggi dalam bekerjasama melakukan pengembangan di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.

Tak tanggung-tanggung, daerah yang kini dipimpin H Samsurizal Tombolotutu menggandeng Institut Pertanian Bogor. Hal tersebut diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman kerjasama (MoU) dan MoA dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Nota kesepahaman itu ditandatangani langsung Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu dengan Rektor IPB diwakili Sekretaris Institut IPB DR Ibnu Qoyim di ruang sidang LPPM lantai 5 IPB.

Kerjasama yang dilakukan meliputi berbagai bidang, diantaranya Tanaman Pangan, Pertanian, Perikanan dan Kelautan, Peternakan, Pendidikan, lingkungan hidup, Pariwisata dan sumber daya manusia.

Agar kerjasama itu berhasil dan implementatif, Bupati mengajak sejumlah Kepala OPD Kabupaten Parigi Moutong ke IPB untuk berdiskusi langsung dengan para akademisi di IPB yang telah berhasil membantu mengembangkan potensi yang dimiliki berbagai daerah di Indonesia.

Sekretaris IPB, Ibnu Qoyim, menyambut baik kerjasama itu. Ia berharap Pemda Parigi Moutong bisa segera memetakan sekaligus melakukan perencanaan program prioritas apa yang bisa segera dikerjasamakan.

“Saya sudah surving di website Pemda Parigi Moutong, daerah ini memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. IPB siap membantu,” ujarnya.

Sementara Bupati Samsurizal Tombolotutu, meminta Kepala OPD yang berkepentingan dengan kerjasama itu segera berkoodinasi dengan pihak IPB. Pihaknya tak ingin kerjasama itu hanya sebatas ditandatangani kemudian tidak ditindaklanjuti.

“Jangan sampai kita sudah jauh jauh kesini tapi hasilnya nol. Makanya saya minta Kepala OPD yang berkepentingan segera susun program, sehingga harapnnya Tahun 2018 sudah bisa jalan,”tegasnya. (BAMBANG)