Karomah Guru Tua di Balik Akreditasi Dua Prodi di Unisa

oleh
Sertifikat akreditasi dari BAN-PT untuk FAI Unisa. (FOTO: IST)

PALU – Abnaulkhairaat meyakini adanya karomah yang dimiliki pendiri Alkhairaat, Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri (Guru Tua) sebagai salah satu keturunan Rasulullah Muhammad Salallahi Alaihi Wasallam (SAW).

Seperti dituturkan Wakil Dekan II Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Alkhairaat (Unisa), Dr. H. Haerolah M. Arif yang mengaku mengalami peristiwa menakjubkan, menjelang kedatangan asesor dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang akan mengasesment dua program studi (prodi) di lingkup FAI, yakni Ahwalusyassiyah (AS) dan Ekonomi Syariah (ES).

Dia mengaku semakin intens berziarah ke makam Guru Tua dan waktu mustajab yang dipilihnya adalah usai Shalat Shubuh. Tiga hari berturut-turut dilakukannya. Hal yang sama juga dilakukan Ketua Prodi Ekonomi Syariah, Syarif NL yang juga alumni Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Dolo.

Menariknya kata Doktor jebolan UIN Alauddin Makassar ini, saat tiba di Palu, asesor yang memvisitasi Prodi AS, Dr. Muhamad Taufiki asal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Prof. Dr. Miftah Arifin Guru Besar IAIN Jember, serta asesor Prodi Ekonomi Syariah, Dr. Euis Amalia asal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan rekannya Dr. Syauqi IAIN Antasari Banjarmasin, semuanya ramah tertarik dengan kebesaran Alkhairaat. Mereka yang berada di Palu selama sepekan, semuanya meminta bersilaturahim dengan cucu pendiri Alkhairaat, H.S Saggaf bin Muhammad Aljufri.

“Ini sulit diterima oleh akal, tapi bagi kita abna’ yakin bahwa karomah Habib Idrus salah satu poin penting dalam perolehan nilai ini, mengingat kita baru saja tertimpa musibah 28 September 2018. Tentu segala persiapan dilakukan dengan semampu kami,” ucapnya dengan mata berkaca-kaca, Selasa (01/01).

Haerolah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas bantuan dan doanya sehingga bisa meraih nilai yang dimaksud, khususnya kepada pimpinan fakultas, jurusan, prodi, para dosen, pegawai dan mahasiswa yang telah bekerja keras sehingga melahirkan hasil yang menggembirakan.

“Juga pimpinan universitas dan fakultas di lingkungan Unisa serta abanaulkhairaat di mana saja berada yang telah mendoakan,” imbuhnya. (IWANLAKI)