Kanwil Sulteng Angkat Tema Kemenag Peduli

oleh
Suasana rapat persiapan peringatan HAB Kemenag yang dilaksanakan di aula Kanwil Kemenag Sulteng beberapa hari lalu (FOTO : MAL/YAMIN)

PALU – Dalam rangka peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) yang ke-72, Kemenag Sulteng akan melaksanakan sejumlah kegiatan dengan mengangkat tema “Kemenag Peduli”.

“Tema HAB yang disuarakan Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, H. Abdullah Latopada adalah Kemenag peduli,  hanya saja secara nasional temanya Tebarkan kedamaian,” ujar Sekretaris Panitia HAB Tingkat Provinsi Sulteng, Lutfi Yunus ditemui di Kantor Kemenag Sulteng, Jum’at (29/12).

Lutfi mengatakan, tahun ini peringatan HAB dilaksanakan dengan cara beda dari tahun sebelumnya, dimana Kemenag kabupaten/kota melaksanakan  di masing-masing daerah mereka dengan jenis kegiatan sosial dan olahraga.

“Kemenag kabupaten/kota sudah melaksanakannya dengan sukses dan kami mengapresiasinya, kini tinggal  HAB Tingkat Provinsi Sulteng,”akunya.

Untuk HAB Tingkat Provinsi dikatakannya, dimulai tanggal 31 Desember 2017 dengan agenda do’a bersama lintas agama bekerjasama dengan Pemerintah daerah Sulteng. Kegiatan itu dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Sulteng, Pukul 19.30 Wita sampai selesai.

“Doa bersama itu kita laksanakan dalam rangka menyambut tahun baru 2018,”terangnya.

Rangkaian kegiatan selanjutnya, dilaksanakan upacara ziarah taman makam pahlawan di TMP Tatura Palu, kemudian dilanjutkan dengan ziarah di makam HS. Idrus Bin Salim Aljufri di Jalan SIS Aljufri Kecamatan Palu Barat.

Kata Lutfi, acara puncak tanggal 3 Januari 2018 dilaksanakan upacara HAB di halaman Kantor Kemenag Sulteng yang dihadiri oleh seluruh pegawai di lingkungan Kemenag Sulteng dan Kabupaten Donggala, Sigi dan Kota Palu.

Selanjutnya, Ahad 7 Januari 2018, dilaksanakan jalan santai kerukunan yang dibagi dalam dua kegiatan. Untuk peserta dari Kanwil Kemenag Sulteng, Kemenag Kota Palu dan Kemenag Donggala  mulai Pukul 06.30 Wita,  star kompleks Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Dolo, finish Lapangan Sepakbola Desa Kotapulu,Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi. Untuk peserta Kemenag Kabupaten Sigi bersama masyarakat umum, star SMPN 4 Sigi, Desa Kotapulu, finish Lapangan Sepakbola Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo.

Lutfi menambahkan, sejauh ini persiapan kegiatan itu sudah mencapai 90 persen, tinggal menunggu hari pelaksaanaannya saja. (YAMIN).