Kades Diingatkan Waspadai Isu yang Memecah Belah

oleh
Bupati Sigi saat melantik empat kades di Kantor Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Kamis (10/10). (FOTO: MAL/HADY)

SIGI – Para kepala desa (kades) dan masyarakat di Kabupaten Sigi diminta agar berhati-hati dengan isu-isu yang sengaja dihembuskan oknum tidak bertanggung jawab yang bisa membuat hubungan antara pemerintah dan masyarakat menjadi kurang baik.

Hal ini disampaikan Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta saat melantik empat kades, di Kantor Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Kamis (10/10).

Mereka yang dilantik tersebut yakni Kades Sibowi Kecamatan Tanambulava, Desa Sejahterah Kecamatan Palolo, Desa Mpanau Kecamatan Biromaru dan Kades Lebanu Kecamatan Marawola.

“Kepala desa yang telah dilantik untuk dapat membuat forum komunikasi dengan tokoh masyarakat. Untuk calon kades yang tidak terpilih, agar dapat menjalin hubungan yang baik dan membuat sebuah rencana program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desanya,” harapnya.

Bupati juga menegaskan kepada para kades agar segera mempelajari dan memahami tugas, kewajiban dan wewenangnya serta bisa menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh kelembagaan yang ada di desa, segera menysusun RPJMDes dan RKPDes serta memahami peraturan-peraturan yang berkaitan dengan pedoman pengelolaan keuangan desa.

“Begitu juga dengan pengelolaan keuangan agar transparan dan akuntabel,” tekannya.

Dari sejumlah desa yang melaksanakan Pilkades beberapa waktu lalu, masih ada dua kades lagi yang belum dilantik, yakni Kades Tongoa Kecamatan Palolo dan Kades Tulo Kecamatan Dolo.

Hadir dalam pelantikan kemarin Kapolres Sigi, Dandim 1306 Donggala Sigi, para camat, Dinas PMD, ketua BPD dan tokoh masyarakat setempat. (HADY)