Jemaah Haul Guru Tua Mulai Berdatangan ke Palu

oleh
Sejumlah jemaah Haul Guru Tua ke 51 yang baru saja tiba di Kota Palu, langsung berziarah ke makam Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri, di Kompleks Masjid Alkhairaat, Kamis (13/06). (FOTO: MAL/FALDI)

PALU – Sejumlah abnaulkhairaat dari berbagai provinsi, mulai berdatangan ke Kota Palu dalam rangka mengikuti rangkaian peringatan Haul Pendiri Alkhairaat, Habib Idrus Bin Salim Aljufri (Guru Tua) ke-51, Sabtu mendatang.

Pantauan MAL, Kamis (13/06) di Kompleks Alkhairaat, sejumlah jemaah haul yang sudah tiba di Palu berasal dari luar provinsi Sulteng, di antaranya Kalimantan, Ternate, Gorontalo, Maluku Utara, Sultra dan Sulsel.

“Sedangkan dari dalam provinsi, hampir semua Komda Alkhairaat telah datang,” ujar Sekretaris Panitia Haul Guru Tua ke-51, Ustad Subhan Lasawedi.

Bahkan kata dia, sejumlah jemaah haul juga telah tiba di Kota Palu sejak Rabu (12/06), di antaranya ada yang menginap di Wisma Haji dan adapula yang menginap di hotel maupun penginapan di Kota Palu.

Selanjutnya kata dia, selain haul, para Komda Alkhairaat juga turut menghadiri Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas).

“Kita kan juga ada Festival Raudha, jadi ada jemaah yang ingin mengikuti seluruh rangkaian acara ini sebelum puncaknya nanti, Sabtu (15/06),” katanya.

Sebelumnya diberitakan, tidak terdapat perbedaan yang besar pada perayaan haul tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Para jamaah itu nantinya akan tetap lesehan (duduk bersila) di tikar yang disediakan,” ujar Subhan.

Peringatan Haul Guru Tua sendiri dipandang tidak hanya sebagai dakwah Islam, namun turut memberikan dampak ekonomis. Tercatat, setiap tahunnya, hotel dan penginapan di Kota Palu selalu dipenuhi para tamu haul dari berbagai provinsi di Indonesia. (FALDI)