Jelang Lebaran, Kemenag Gelar Sidang Isbat Sore Tadi

oleh
Kantor Kementrian Agama RI. (FOTO IST)

Jakarta – Kementrian Agama (Kemenag) menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1440 H atau Idul Fitri pada sore tadi. Sidang Isbat akan dipimpin langsung Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.

“Iya hari ini, sore,” Ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Agus Salim, Senin (3/6) di Jakarta.

Sidang dimulai sekitar pukul 16.00 WIB, di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama. Sejumlah ormas Islam turut hadir dalam sidang isbat tersebut.

Kata Agus Salim, sidang Isbat dilaksanakan pada 29 Ramadan untuk menentukan apakah besok 1 Syawal atau istikmal. Sidang Isbat sendiri diawali dengan pemaparan secara terbuka mengenai posisi hilal berdasarkan data hisab oleh pakar astronomi.

Menurutnya, seusai sidang Isbat, Mentri Agama RI Lukman akan menggelar konferensi pers mengenai hasil sidang, yaitu Penetapan Pemerintah tentang Idul Fitri 1 Syawal 1440H/2019M.

Sementara itu, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada 5 Juni 2019. Penetapan tersebut berdasarkan hasil hisab haqiqi dari majelis tarjih dan tajdid PP Muhammadiyah.

“Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui majelis tarjih dan tajdid telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada 5 Juni 2019,” Ungkap Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir kepada wartawan di Kantor PP Muhammadiyah, Kamis (30/5).(Faldi)