Jebolan Untad Diminta Tidak Cengeng

oleh

PALU – Lulusan Universitas Tadulako (Untad) diminta meneladani alumni Institute Pertanian Bogor (IPB), menjadi pribadi-pribadi tangguh dan jauh dari sikap cengeng serta tidak tinggi hati.

Pesan itu disampaikan Rektor Untad, Muhammad Basir, di acara wisuda Untad ke-91, Kamis (22/03). Kepada alumni, Rektor juga berpesan agar menjadi insan-insan yang ramah dan berhati mulia, serta tetap menjadi bagian dari almamater Untad.

“Daftarkan diri kalian sebagai anggota Ikatan Alumni (IKA) Untad di fakultas masing-masing. Kelak jadilah anggota IKA yang meneladani IKA IPB yang selalu mengambil peran bagi kemajuan almamaternya, termasuk dalam membantu adik-adiknya yang memiliki keterbatasan ekonomi,” terang Rektor.

Bagi rektor, membantu keterbatasan ekonomi jauh lebih mulia dibandingkan melibatkan diri dalam hal-hal yang sudah diurus orang yang memiliki kompetensi.

“Tumbuhkan rasa malu agar tidak menjadi alumni yang terus disusui, jadilah sosok yang harus merawat ibu kandung (Untad) yang pernah menyusui kalian,” sindir Rektor.

Rektor menyampaikan apresiasi kepada beberapa wisudawan yang menunjukkan prestasi akademik. Satu diantaranya dari program pendidikan doctor, yakni Lukman yang menyelesaikan pendidikan di Bidang Ilmu Pertanian selama 4 tahun 3 bulan dan 22 hari dengan capaian IPK 3,98.

Sementara lulusan terbaik dari jenjang S2 diraih Subhan Haris dari Program Studi Magister Administrasi Publik, dengan lama studi 1 tahun 6 bulan dan 2 hari dengan IPK 4,00.  Selanjutnya wisudawan terbaik dari jenjang S1  diraih Fairis Muhammad Gazali dari Program Studi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan lama studi 3 tahun 5 bulan dan 20 hari dengan IPK 3,97.

Dari jenjang D3 diraih Meri Suliyana dari Program Studi Manajemen Pemasaran dengan lama studi 3 tahun 4 bulan capaian IPK 3,37.

Rektor tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada orang tua mahasiswa yang telah mempercayakan Untad untuk membimbing anak-anak mereka.

Wisuda ke-19 kemarin diikuti 1.260  mahasiswa, terdiri dari dua lulusan Pendidikan Doktor, 155 Pascasarjana (S2) dan 1.103 dari program Strata Satu (S1) dan Diploma Tiga (D3). Masing-masing dari Fakultas Kedokteran (FK) 16 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 95 orang, Fakultas Ekonomi 132 orang, dan Fakultas Hukum 74 orang. Selanjutnya Fakultas Pertanian 81 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 83 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 455 orang, Fakultas Kesehatan Masyarakat 14 orang, Fakultas Teknik 80 orang, Fakultas Peternakan dan Perikanan 41 orang dan Fakultas Kehutanan 32 orang,

Dengan demikian, jumlah keseluruhan alumni Untad sampai saat ini sudah mencapai 62.334 orang. (YAMIN)

loading...