Jadwal Pemilihan Rektor Untad Belum Pasti

oleh
Empat Bakal Calon Rektor Universitas Tadulako Periode 2019-2023 (FOTO : IST)

PALU – Pihak Universitas Tadulako (Untad), belum memastikan waktu pelantikan rector. Padahal, masa jabatan Rector Untad, Prof. Muhammad Basir tinggal beberapa bulan akan berakhir, tepatnya tanggal 5 Maret 2019 mendatang.
Ketua Senat Untad, Prof. Hasan Basri, di ruang kerjanya, Kamis (10/01), mengatakan, pihaknya sangat mengharapkan tahapan pemilihan rector (pilrek) sudah dilaksanakan bulan ini.
“Kita harapkan bulan januari ini dilaksanakan penyaringan calon dari empat menjadi tiga. Walaupun sebenarnya termasuk sudah lambat sekali,” katanya.
Kata dia, lambatnya proses pelaksanaan pilrek bukan karena ada masalah di internal Untad, tetapi di tingkat pusat. Karena sesuai aturan, penyaringan calon rector harus dihadiri perwakilan Kemenristekdikti.
“Masalahnya disitu, penyaringan calon itu harus dihadiri dari Dikti. Kemarin kita kembali mencoba bertanya secara informal dengan kenalan kita di Dikti, sekaligus menyampaikan waktu yang sudah mepet karena jabatan rector itu sampai 5 Maret. Katanya sih kami akan diberi informasi satu dua hari ke depan,” ujarnya.
Sambil menunggu kejelasan dari Kemenristekditi, lanjut dia, pihaknya akan mengupayakan penyaringan calon rector dilaksanakan pada minggu keempat Januari ini, setelah pelaksanaan wisuda yang akan direncanakan tanggal 24 Januari.
“Jika demikian, praktis pilrek kita laksanakan Februari 2019. Saya pikir tidak ada masalah. Ini seperti pemilihan rector yang terjadi di beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia yang melaksanakan penyaringan dan pemilihan dalam satu bulan,” jelasnya.
Ditanya soal adanya potensi perpanjangan masa jabatan rector, Hasan Basri mengaku bahwa ada aturan tersebut, tetapi jika terjadi masalah di internal.
“Tetapi saat ini di Untad tidak ada masalah itu, hanya saja perwakilan dari Dikti yang belum memiliki jadwal pasti untuk menghadirinya. Maka kami dapat pastikan, sebelum masa jabatan Pak Basir selesai, rektor baru sudah terpilih,” tegasnya.

Ketua Senat Universitas Tadulako, Prof. Hasan Basri

Diketahui, Senat Untad telah mengumumkan empat Bakal Calon Rektor Untad periode 2019-2023 pada tanggal 2 Mei 2018 lalu yang dinyatakan lolos tahap verifikasi berkas.
Keempatnya adalah Dr. Muhammad Nur Ali selaku Dekan FISIP, Prof. Mahfudz MP selaku Warek II Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Djayani Nurdin selaku Wakil Rektor IV Bidang Kemahasiswaan dan Prof. Zainudin Basri selaku Dekan Fakultas Pertanian. (YAMIN)

loading...