IZI Sulteng Launching Program Lapak Berkah

oleh
Kepala Perwakilan IZI Sulteng Sabiin SY Lanta bersama delapan penerima bantuan modal usaha. FOTO. IST

PALU – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Sulawesi Tengah, me-launching program lapak berkah  di Kantor IZI Sulteng, Jalan Juanda, Selasa (28/11).

Program nasional ini, berupaya memberdayakan, usaha kecil masyarakat yang dinilai kekurangan permodalan, atau fakir miskin.

Kepala Perwakilan IZI Sulteng, Sabiin SY Lanta, mengatakan, dalam program tersebut tidak hanya dalam bentuk pemberian modal saja. Dalam pengawasannya selama satu tahun itu, pihaknya juga akan melakukan pendampingan agar ibadah bagi penerima manfaat itu makin bertambah. Jadi lanjut dia, di sana ada dua manfaat, yakni usaha menjadi berkah dan ibabah terus meningkat.

“Karena ini kan dana zakat, supaya berkah dari para donator atau muzaki. Mereka kan berharap doa. Bisa menaikan dari sisi keimanannya. Orang-orang dapat bentuan itu, harus naik tingkat ibadahnya, paramternya ya shalat harus tepat waktu,” katanya.

Sabiin menambahkan, dalam louching itu, telah terbantu sedikitnya sepuluh orang. Dan total, modal yang diberikan sebesar kurang lebih Rp 54 juta.

Bantuan modal itu, terbagi, delapan orang di Kota Palu dan dua orang di Kabupaten Sigi. Modalnya pun, beragam, tergantung dari kebutuhan usaha mereka.

“Ada yang jualan nasi kunig, kue-kue tradisional. Ada yang jualan keripik. Mereka berusaha itu di rumah masing-masing. Total bantuan dana tadi itu, kurang lebih Rp54 juta. Ada yang dapat Rp7 juta maksimal, ada juga Rp 3 juta,” tambahnya. (NANANG IP)