IZI dan YBM PLTU Jepara Resmikan Huntara di Pombewe

oleh
Pengguntingan pita saat peresmian huntara di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kamis (08/08). (FOTO: MAL/NANANG IP)

SIGI – Yayasan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) bersama Yayasan Baitul Mal (YBM) PLTU Tanjung Jati Jepara, Jawa Tengah (Jateng), meresmikan tujuh unit bantuan hunian sementara (huntara) bagi korban bencana alam di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kamis (08/08).

Direktur Pendayangunaan IZI, Nana Sudana, menuturkan, pihaknya sudah cukup lama menjalin kerja sama dengan YBM PLN dalam membantu masyarakat. Kerja sama itu juga telah berhasil menyiapkan rumah singgah pasien. Dari sepuluh rencana kerja selama dua tahun, saat ini telah terbangun enam rumah singgah pasien.

“Ada di Banten, Jakarta, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan dan Lampung. Kemudian kami juga menyiapkan perahu bagi nelayan yang membutuhkan. Jadi kehadiran IZI di Indonesia ingin mewujudkan bahwa zakat dan infaq yang selama ini dikelola memang untuk umat,” ujar Nana.

Ia juga memastikan, sampai hari ini IZI akan terus hadir di tengah masyarakat yang tertimpa musibah dalam rangka menyalurkan bantuan dari berbagai donatur, baik dalam bentuk huntara, bantuan ekonomi dan juga menyiapkan Puskesmas di beberapa tempat.

“Karena kehadiran IZI ini bukan untuk menunjukan kehabatan, tapi menunjukan bahwa IZI menjadi bagian keprihatinan dan kepedulian kepada sesame,” tambahnya.

Sementara itu perwakilan YBM PLTU Tanjung Jati, Yusrin Adi Mustafa, mengatakan, kehadiran lembaga zakat di tubuh PLN adalah bentuk kepedulian kepada masyarakat.

YBM PLN sendiri tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dengan sumber dana dari  pemotongan 2,5 persen seluruh  gaji karyawannya.

Pada kesempatan itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Desa Pombewe, Sudirman, mengingatkan kepada para ibu agar waspada saat meyalakan kompor gas karena belum lama terjadi kebakaran huntara di Desa Lolu yang bersumber dari kompor gas salah satu warga yang lupa dipadamkan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Yayasan Baitul Mal Tanjung Jati, Ketua YBM PLN Palu, Kepala Perwakilan IZI Jawa Tengah dan Kepala Perwakilan IZI Sulteng serta sejumlah masyarakat Desa Pombewe. (NANANG IP)