Inspiratif, Brigadir Ini Jadi Pelopor Kebersihan Lingkungan

oleh
Wali Kota Palu, Hidayat (kiri) sesaat setelah memberikan penghargaan Kepada Brigpol Muhammad Asrum (tengah) pada lomba kebersihan tingkat RT se-Kelurahan Talise Valangguni, baru-baru ini. (FOTO: MAL/HAMID)

PALU – Jajaran kepolisian di Sulteng terus menambah deretan personil yang mengharumkan nama institusinya. Setelah Kapolsek Bunta yang sempat menjadi buah bibir masyarakat atas kerelaannya membantu masyarakat pedalaman, kali ini seorang Brigadir atas nama Mohammad Asrum menjadi pelopor kebersihan lingkungan tingkat RT se-Kelurahan Talise Valangguni, Kecamatan Mantilulore.

Berkat kepemimpinannya, RT yang dipimpinnya berhasil menjadi juara pada ajang tersebut.

Pria asal Bulukumba berusia 30 tahun itu mengawalinya dengan melakukan silaturahmi mengundang semua warga untuk hadir bermusyawarah di taman perumahan.

“Saya tinggal di perumahan Lagarutu sejak 2009 lalu. Setelah saya diangkat warga menjadi ketua RT, amanah ini saya jalankan dengan selalu proaktif menjadi mentivator dalam setiap kegiatan yang ada dilingkungan,” ucap Asrum kepada media ini, beberapa waktu lalu.

Anggota Propam Polres Palu itu menambahkan, sebagai pemimpin dilingkungan dirinya selalu berada di garis terdepan dalam berbagi hal, termasuk mengajak warga turun melaksanakan kerja bhakti setiap saat.

“Nilai-nilai sosial di masyarakat harus terus dipupuk agar saling peduli antara satu sama lain sehingga bisa memunculkan kebersamaan dan toleransi antar umat beragama. Kami juga selalu menjaga komunikasi dengan membuat grup WA khusus warga di RT 02,” bebernya.

Pria dua anak itu mengaku selalu mengambil keputusan berdasarkan musyawarah.

“Di lingkungan kami membentuk ketua-ketua blok yang setiap saat membantu saya memberikan laporan tentang situasi keamanan, kebersihan dan ketertiban di masing-masing kompleks,” katanya.

Dalam hal keamanan, semua blok dipasang portal. Selain ada pos ronda dan dijaga security sebanyak 3 orang. Bahkan di lingkungannya ada mobil armada sampah yang mengangkut sampah 3 kali dalam seminggu.

Untuk bidang kesehatan, RT-nya menjadi pusat pelayanan posyandu dan pembayaran pajak se-Kelurahan Talise Valangguni.

“Jadi berkat kekompakan dan dukungan warga, semua program berjalan dengan baik,” tandasnya.

Menanggapi itu, Wali Kota Palu, Hidayat menyampaikan terima kasih atas upaya dan kerja keras Asrum yang menjadikan wilayahnya menjadi yang terbaik dan menjadi contoh bagi yang lain.

“Secara khusus saya salut kepada Bapak Muh Asrum atas usahanya menciptakan lingkungan yang bersih, indah, tertib, aman dan nyaman. Ini adalah contoh yang patut diteladani. Saya berharap, kedepan segenap komponen yang ada dapat saling bahu membahu mendorong masyarakat untuk mewujudkan visi dan misi Palu sebagai Kota Jasa, Berbudaya dan Beradat Dilandasi Iman dan Taqwa.” tutup Hidayat. (HAMID)