Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un, Amri Palu Tutup Usia

oleh
Umar Al Amri (Amri Palu)

Parigi – Sulawesi Tengah kembali kehilangan satu seniman terbaiknya asal Kabupaten Parigi Moutong, ia adalah Umar Al Amri atau yang lebih akrab disapa Amri Palu.

Amri Palu merupakan sosok penyanyi lokal yang berjaya di era 80-90 an, ia menghembuskan nafas terakhir pada usia 67 tahun, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anuntaloko Parigi, Ahad (2/6) setelah menjalani perawatan medis selama satu hari.

Ketua Asosiasi Seniman Musik Indonesia (ASMI) Sulteng, Ikbal Khan ditemui usai pemakaman di Parigi, Senin (3/6), mengatakan, dimata seniman Sulteng, Amri Palu sangat memperkenalkan lagu-lagu Kaili dengan ciri khas kedaerahannya Palu, Parigi dan daerah lain seperti, Poso.

“Kami dari seniman Sulawesi Tengah datang ke Parigi untuk memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum. Dan kemarin kami semua kaget bahwa telah meninggal dunia Amri Palu,” Ujar Ikbal.

Menurutnya, pemerintah daerah harus memberikan apresiasi atau penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para seniman, salah satunya adalah almarhum Amri Palu, karena karya-karya beliau turut mengantarkan citra permusikan Culawesi Tengah dapat dikenal keseluruh tanah air.

Kini, karya – karya almarhum Amri Palu dapat ditonton kapanpun di chanel youtube.

“Seperti kita tahu, Almarhum ini setelah berkarya di Sulawesi Tengah, sekitar tahun 80an, Ia sempat hijra ke Jakarta. Tapi, di Jakarta itu dia selalu datang ke Sulawesi Tengah, setiap ada even seperti even festival danau poso, dia datang dan rekaman lagu kemudian dipasarkan. Dan, akhirnya walaupun dia tinggal di Jakarta tapi karya lagu Sulawesi Tengahnya tetap dia kampanyekan,” Ungkapnya.

Sementara itu, diketahui bahwa almarhum meninggal dunia karena penyakit stroke ringan. Bahkan menurut keluarga, almarhum sempat terjatuh di kamarnya, sehingga langsung dilarikan ke RSUD Anuntaloko Parigi untuk menjalani perawatan medis.

Dalam pantauan media, almarhum disemayamkan di rumah duka di Jalan KH Dewantoro Kelurahan Loji, Parigi. Jenazah Almarhum disalatkan di Masjid Nur, selanjutnya dimakamkan oleh pihak keluarga di Pekuburan Umum Kelurahan Masigi. (MAWAN)

Sejumlah keluarga Amri Palu serta Sahabat dan Pelayat tengah berdoa didepan makam Almarhum Umar Al Amri, usai dimakamkan Senin (3/6) di Pekuburan Umum Kelurahan Masigi. (FOTO : MAL/Mawan)