Inilah 16 Pasang Petarung Pilkada Serentak di Sulteng

oleh
KIRI: Pasangan ErRa meyerahkan dokumen syarat pencalonan kepada Ketua KPU Parigi Moutong, Amelia Idris, Rabu (10/01). KANAN: Pasangan AR-Rahman saat mendaftar di KPU Donggala. (FOTO: MAL/BAMBANG/JAMRIN AB)

PALU – Hingga pukul 11.52 Wita, tadi malam, tercatat sebanyak 16 pasang bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah yang telah mendaftar ke tiga KPU di daerah yang melaksanakan Pilkada serentak, tahun 2018 ini. 16 pasang tersebut, baik yang mendaftar melalui jalur partai politik maupun perseorangan.

Dari semua daerah, yakni Donggala, Parigi Moutong dan Morowali, pasangan terbanyak ada di Donggala, yakni sebanyak 7, tiga pasang di jalur partai dan empat pasang jalur perseorangan.

Adapun pasangan dari Kabupaten Donggala adalah yaitu Suandi-Abdurachman Kasim atau “SUARA” (perseorangan) dan Vera E. Laruni-Taufik Burhan atau “Vegata” yang diusung Partai Golkar, PKB, Demokrat dan PKPI. Dua pasangan ini telah mendaftar di hari pertama, Senin (08/01).

Kemudian pendaftar hari kedua adalah pasangan Kasman Lassa-Moh. Yasin (Sakaya) yang diusung Partai Gerindra, PKS, PPP, NasDem, PAN dan PBB.

Di hari terakhir pendaftaran kemarin, KPU Donggala menerima berkas pendaftaran empat balon sekaligus, yakni Burhanuddin Yado-Endah Wahyuning Asih atau “INDAH” (perseorangan), Idham Pagaluma-Mohammad Yasin Lataka atau “IYAMO” (perseorangan), Anita Bugiswati Nurdin-Abdul Rahman (AR-Rahman) yang disusung PDIP dan Hanura serta pasangan Temu-Rusli Zamzami M. Said atau “TERUS” (perseorangan).

“Sesuai dengan jadwal tahapan, setelah pendaftaran seluruh pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati, maka selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di RSUD Undata Palu mulai tanggal 11 hingga 15 Januari mendatang,” jelas Ketua KPU Donggala, Saleh.

Prosesi pendaftaran dikawal ketat aparat keamanan karena masing-masing pasangan membawa pendukung hingga ribuan orang dan puluhan kendaraan.

Sementara di Parigi Moutong (Parimo), terdapat empat pasangan yang sudah mendaftar. Mereka adalah pasangan petahana H Samsurizal Tombolotutu dan H Badrun Nggai. Pasangan yang diusung Partai Gerindra, PKS, PAN, PPP, PBB, PDI-Perjuangan ini mendaftar di hari pertama, Senin (08/01).

Di hari kedua, telah mendaftar pasangan perseorangan. H. Anwar Saing-Asrudin.

Di hari terakhir kemarin, KPU setempat menerima berkas pasangan Erwin Burase-Rahmawati M Nur (ErRa). Pasangan ini diusung PKB dan Golkar. Tak berselang lama, satu pasangan lainnya juga mendatangi KPU, yakni H Amrullah Almahdaly, Hj Yufni Bungkundapu atau “Amin”. Pasangan ini diusung Partai Demokrat dan Partai Hanura.

Sebenarnya masih ada satu lagi pasangan calon lainnya yang diketahui masyarakat setempat, yakni Haris Lasimpara dan Jabari Petarola. Namun hingga pukul 12.13 Wita tadi malam, mereka tak kunjung mendaftar.

Pendaftaran hari terakhir kemarin dihadiri Ketua Bawaslu Provinsi Sulteng Ruslan Husen, Ketua Panwaslu Parimo Muchlis Aswad serta kedua komisioner, Muhammad Rizal dan Iskandar Mardani.

Ketua KPU Parigi Moutong, Amelia Idris menyambut baik kedatangan para Paslon yang telah mendaftarkan diri sesuai jadwal ditentukan.

Amelia mengingatkan kepada Paslon tentang syarat calon dan dukungan persyaratan calon yang ditandatangani oleh pimpinan partai politik tingkat pusat.

Sementara itu, kedua Paslon mengaku telah memenuhi segala persyaratan pendaftaran sebagaimana telah diisaratkan oleh regulasi yang ada.

“Keinginan kami (Paslon Amin) untuk. maju pada Pemilihan bupati sudah melalui ikhtiar dan pertimbangan yang cukup panjang. Sehingga demikian, kamu sudah siap bertarung, ” ujar Amrullah.

Sementara itu, Bakal Calon, Erwin Burase mengungkapkan bahwa keinginannya untuk maju pada Pemilihan bupati atas aspirasi dari masyarakat.

“Intinya kami siap berkompetisi pada Pemilihan bupati dan wakil bupati Parigi Moutong periode 2018-2023,” ungkapnya.

Setelah dilakukan penelitian, dokumen kedua Paslon dinyatakan memenuhi syarat untuk dilanjutkan ke tahap berikutnya.

Sementara di Morowali, tercatat sebanyak lima pasangan yang telah mendaftar ke KPU. Mereka adalah Taslim-H Najamudin (Tahajud) yang diusung Partai NasDem, Golkar dan Hanura.

Kemudian Ambo Dalle-Aminuddin Awaludin (ADAM) yang diusung PBB, Gerindra, PKS dan PDI-P. Kemudian Syarifudin Hafid-Chaerudin M Zen (SAH) diusung Partai Demokrat, PAN dan PKB. Ditambah lagi dua pasangan perseorangan, H Silahudin Karim-Sunardin Firdaus (Ilove Morowali) dan  Haris Nunu-Ismail Suaib. (JAMRIN AB/BAMBANG/HARIS)