Ini 10 Produk Unggulan Kota Palu

oleh
Wali Kota Palu, Hidayat saat peluncuran 10 produk unggulan IKM Kelurahan Inovasi, di lokasi IKM pengolahan sampah anorganik, di Jalan Soekarno Hatta, pekan lalu. (FOTO: MAL/HAMID)

PALU – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu meluncurkan 10 produk unggulan IKM Kelurahan Inovasi, di lokasi IKM pengolahan sampah anorganik, di Jalan Soekarno Hatta, pekan lalu.

Adapun 10 produk unggulan IKM Kota Palu tersebut, yakni kerajinan rotan, kerajinan sampah organik, pakan ternak ruminansia, kerajinan olahan bambu, kerajinan limbah kelapa, kerajinan olahan kripik, Kerajinan alat musik tradisional, kerajinan batik bomba dan kerajinan daun silar.

“Sejauh ini kita tahu bahwa visi misi kita adalah terus mendorong Palu sebagai kota destinasi.  Hal ini terang merupakan implementasi dari upaya menjadi kota jasa itu. Untuk itu, kita dorong IKM berbasis kelurahan dalam program kelurahan inovasi unggul dan mandiri,” kata Wali Kota Palu, Hidayat.

Dia menambahkan, produk unggulan tersebut akan terus dioptimalkan untuk menembus pasar nasional dan internasional.

Menurutnya, pengembangan dari sector jasa ini adalah projek primadona yang sangat diandalkan dalam pembangunan Kota Palu lima tahun mendatang.

“Kita tidak punya hasil yang cukup pada sector pertanian, perikanan, kelautan, perkebunan dan pertambangan sehingga sektor yang harus kita dorong dalam menumbuhkan pembangunan adalah dari jasa,” paparnya.

Olehnya, tambah Hidayat, terhadap para pelaku usaha kecil, pihaknya sudah menyiapkan suatu kelompok usaha bersama yang memiliki komitmen kuat untuk dapat memberikan kemandirian kepada para pelaku usaha kecil tersebut.

Usai melaunching produk unggulan itu, Wali Kota Palu bersama rombongan mengunjungi stand pameran produk unggulan tersebut. (HAMID)