Ikan “Sugili” Antar Dosen Unisa Raih Gelar Doktor di IPB

oleh
Ivon Iskandar Mahi, diapit oleh Plt Ketua Utama Alkhairaat (kiri) dan Rektor Unisa (kanan), usai sidang promosi doktor di IPB Bogor, Kamis (28/02). (FOTO: IST)

PALU – Universitas Alkhairaat (Unisa) kembali ketambahan dosen bergelar doktor. Kamis (28/02) kemarin, salah satu dosen Unisa, Ivon Iskandar Mahi, resmi menyandang gelar akademik tertinggi di Sekolah Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor (IPB), Program Studi Teknologi Perikanan Laut (TPL), setelah berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan tim penguji.

Dosen Yayasan Fakultas Perikanan Unisa ini mendapat apresiasi tinggi dari Tim Komisi Pembimbing dan Penguji Luar Komisi atas disertasinya yang berjudul “Pengembangan Usaha Perikanan Ikan Sidat (Glass Eel) di Muara Sungai Poso Sulawesi Tengah”.

Yang menarik, sidang doktor Ivon Iskandar Mahi turut disaksikan Pelaksana tugas (Plt) Ketua Utama Alkhairaat, H.S. Alwi bin Saggaf Aljufri dan Rektor Unisa, Dr. H. Hamdan Rampadio.

Rektor yang dihubungi dari Palu, mengaapresiasi prestasi yang telah diraih dosennya itu.

“Beliau ini salah satu dosen terbaik yang dimiliki Unisa saat ini. Kenapa saya katakan begitu, Pak Ivon ini satu-satunya dosen yang memiliki lima gelar akademik. Ini pencapaian yang luar biasa. Saya berharap setelah semua urusan administrasi selesai, maka secepatnya pulang kampung di Unisa,” ujar Rektor.

Dalam sidang promosi doktor tersebut, Ivon berhasil melewati semua pertanyaan dan sanggahan dari Tim Komisi yang diketuai Prof. Dr. Ir. Mulyono S. Baskoro, M.Sc dan Penguji Luar Komisi Prof. Dr. Ir. Dietriech  G. Bengen, DEA dan Dr. Mochammad Riyanto, S.Pi.,M.Si.

Kini, Ivon pun resmi menyandang Dr bersama empat titel lain di belakang namanya, yaitu S.Pi., SE., M.Si., dan M.M. (IWANLAKI)