Hebat, Dua Prodi FK Unisa Terakredisi B

oleh

PALU – Alhamdulillah, tidak sia-sia perjuangan seluruh Civitas Akademika Universitas Alkhairaat (Unisa), khususnya Fakultas Kedokteran (FK) karena dua program studinya (prodi) telah berhasil mendapatkan akreditasi B dengan nilai 307 dari sedikitnya 126 item yang dinilai.

Ketua Utama Alkhairaat, HS Saggaf bin Muhammad Aljufri

Prodi yang dimaksud adalah Kedokteran dan Profesi Dokter.

Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes), Senin (05/01), secara resmi telah mengumumkan hasil akreditasi tersebut melaui Surat Keputusan (SK) Nomor: 0016/LAM-PTKes/Akr/Sar/I/2018 untuk Prodi Kedokteran dan SK nomor.0017/LAM-PTKes/Akr/Pro/I/2018 untuk Prodi Profesi Dokter.

Akreditasi tersebut diraih setelah kurang lebih dilakukan visitasi oleh LAM-PTKes.

Adapun item yang dinilai, diantaranya visi dan misi fakultas, kemampuan manajemen pengelolaan dan mutu pendidikan, jaringan kerja sama dengan pihak luar, kualitas luaran yang memadai dan semua yang berkaitan dengan akademik.

Tim LAM-PTKes yang melakukan visitasi berjumlah tiga orang, yakni dr. Efrayim Suryadi, dr. Felicia Kurniawan dan Prof. Dr. Abdul Salam M. Sofro, PhD, SpKT.

Rektor Unisa,

Rektor Unisa, Dr. Hamdan Rampadio

Dr. H. Hamdan Rampadio, mengatakan, perolehan nilai FK Unisa telah melampaui standar, yang sekurang-kurangnya 300.

Menurutnya, pencapaian tersebut merupakan kerja keras semua stakeholder di FK Unisa selama ini yang terus melakukan berbagai perubahan, peningkatan layanan, administrasi maupun mutu.

“Perolehan akreditasi B ini merupakan bukti dan keseriusan dalam mengembangkan Unisa. Artinya masyarakat tidak perlu ragu dengan kualitas Unisa,” terangnya.

Sejauh ini kata dia, Unisa adalah universitas swasta peringkat pertama di Sulteng. Di Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Unisa sendiri berada pada urutan ke-19 dari 400 lebih perguruan tinggi yang ada.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Ahsan Mardjudo mengatakan, pencapaian Fak

Dekan FK Unisa, dr Mukramin Amran

ultas Kedokteran ini merupakan suatu hal yang sangat luar biasa.

Ahsan mengatakan, pencapaian ini sekaligus membungkam kritikan sebagian orang yang masih melihat sebelah mata keberadaan Unisa.

“Akreditasi B adalah sebuah keberkahan bagi Unisa. Alhamdulillah,” ucapnya. (YUSUF/IWANLAKI)