Hari ke-8, Sudah 364 Calhaj Palu Lunasi BPIH

oleh
Kasi Haji dan Umroh Kemenag Kota Palu, H. Muhammad Isnaeni

PALU – Dihari ke delapan pelunasan tahap pertama Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) reguler tahun 1440H/2019M, di Kota Palu sudah 364 yang melunasi.

“Total Calhaj kita tahun ini 677, dari hari pertama tanggal 19 Maret dibuka, hingga saat ini Pukul 15.30 Wita dari data Bank sudah 364 yang melunasi,”ujar Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, Kemenag Kota Palu, H. Muhammad Isnaeni di ruang kerjanya, Selasa (26/03).

Dari 677 Calhaj itu, menurutnya sudah 541 yang menyetor passport di Kemenag.

Isnaeni menyampaikan, pelunasan tahap pertama itu berakhir tanggal 15 April 2019.  Jika Calhaj melewati batas yang sudah ditentukan, maka secara otomatis batal diberangkatkan tahun ini.

“Siapa yang ganti? Misalnya ada yang masuk tahap pertama dicek-cek, namanya di system tidak ada yang muncul. Diproses maintennance diperbaiki ternyata lewat tanggal 15 April, baru muncul namanya, berarti dia gagal sistem padahal dia sudah istitha’ah,”jelasnya.

Kemudian, pelunasan tahap dua untuk penggabungan Calhaj lansia.

“Misalnya ada lansia yang berangkat tahun ini, ada adiknya yang dia mau tarik, bermohon untuk penggabungan dan kalau lolos berarti dia bisa melunasi tahap kedua. Atau lansia yang dipercepat yang 75 tahun dasar umurnya, mengajukan dan permohonanya direstui serta penggabungan suami istri dan seterusnya,”tambahnya.

Sementara, dari Dinas Kesehatan Kota Palu, hingga tahapan ini masih 14 Calhaj yang belum lakukan pemeriksaan kesehatan.  Sementara passport yang sudah masuk di Kemenag berjumlah 541. (YAMIN)