Hampir Separuh Petahana Kandas

oleh
Kantor DPRD Kota Palu. (FOTO : IST)

PALU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu telah menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Kota Palu, Jumat (10/05) pagi.

Berdasarkan DB1 Kota Palu, hampir separuh petahana yang maju kembali pada Pemilu Legislatif (Pileg) 17 April lalu, gagal meraih impiannya untuk duduk kembali di kursi empuk gedung parlemen Jalan Moh Hatta, Kecamatan Palu Timur itu.

Dari hasil rekapitulasi suara, dari sejumlah petahana yang maju kembali, tercatat hanya 15 orang yang berhasil lolos kembali. Di dapil 1 (Kecamatan Palu Timur-Mantikulore), masih terdapat nama-nama petahana seperti Thompa Yotokodi (Gerindra), Rudi Permesta (Nasdem), Rusman Ramli (PKS), Nanang (PKB), dan Muliady (PAN).

Selanjutnya di dapil 2 (Palu Utara-Tawaeli), masih terdapat dua nama yang bertahan, yakni Hamsir dari Hanura dan Anwar Lanasi dari Gerindra.

Kemudian di dapil 3 (Palu Selatan-Tatanga), masih bertengger nama-nama petahana seperti Armin (Gerindra), Ratna Mayasari Agan (PAN), Sucipto (PKS), Joppi Kekung (PDIP), Ridwan (Hanura) dan Ishak Cae (Golkar).

Sementara di dapil 4 (Palu Barat-Ulujadi) yang menyediakan delapan kursi, tinggal menyisahkan dua petahan, yakni Rizal (PKS) dan Moh. Nasir Daeng Gani (PKB).

Sementara mereka yang kandas, di dapil 1 terdapat nama Basmin Karim (Gerindra). Di dapil ini, posisinya digantikan rekan separtainya atas nama Moh. Syarif. Kemudian dari Golkar ada nama Muh Rum dan Raodah (Golkar).

Di dapil 2 juga demikian, ada nama petahana yang gagal melenggang kembali, seperti Tamsil (PAN) Kadir Samauna (Golkar). Bahkan PAN dan Golkar yang dulunya punya kursi di dapil ini, kini kosong sama sekali.

Sementara di dapil 4 juga terdapat nama-nama petahana yang gagal, seperti Ronal (Demokrat) yang kini digantikan Abdurrahim Nasar Al’Amri, Danawira Asri (PAN) dan Rugaiyah (PDI-P) yang posisinya digantikan Acmad Alaydrus. PAN yang di periode sebelumnya memiliki kursi di dapil ini, juga gagal mempertahankan.

Bahkan di Pemilu kali, ini, tercatat beberapa partai lama yang sama sekali tidak memperoleh kursi, seperti PBB, PPP dan PKPI. Justru satu partai baru yakni Partai Perindo berhasil mendapatkan satu atas persembahan Marselinus dengan perolehan 806 suara.

Jika diurutkan berdasarkan perolehan suara, maka jumlah kursi untuk masing-masing partai adalah Gerindra (6 kursi), Golkar (5 kursi), NasDem (4 kursi), PKS (4 kursi), Hanura (4 kursi), PKB (3 kursi), PDI-P (3 kursi), Demokrat (3 kursi), PAN (2 kursi) dan Perindo (1 kursi).

Selain tingkat DPRD Kota Palu, hasil rekapitulasi KPU juga berhasil memetakan para legislator yang bakal duduk di DPRD Provinsi Sulteng dari Dapil Kota Palu. Mereka adalah Mohammad Arus Abdul Karim (Golkar) dengan perolehan 11.700 suara, Alimudin Paada (Gerindra) 6.989 suara, Elisa Bunga Allo (PDIP) 6.335 suara, Wiwik Jumatul Rofi’ah (PKS) 7.203 suara, Yahdi Basma (Nasdem) 3.999 suara dan Hidayat Pakamundi (PAN) 5.092 suara. (RIFAY/YAMIN)