Hadapi Pilkada 2018, Perindo Sulteng Belajar dari Pilkada DKI Jakarta

oleh

 

PALU- Saat ini Partai Perindo membuka komunikasi politik dengan kandidat kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada 2018.   Meskipun belum dapat mengusung, namun Perindo  siap all out bekerja untuk calon yang didukungnya.

Wakil Ketua Bidang Politik DPW Partai Perindo Sulteng, Rusman Lamakasusa menyatakan, bahwa hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh Partai Perindo di DKI Jakarta saat mendukung Anies –Sandi.

“Belajar dari Pilkada DKI Jakarta, Partai Perindo secara terbuka mendukung pasangan Anies-Sandi. Partai menggerakkan organ hingga struktur di kelurahan dan organisasi sayap untuk bersama-sama koalisi pengusung, tim pemenangan dan relawan memenangkan Anies-Sandi,” beber Rusman, Senin (24/4)kemarin.

Rusman menambahkan, untuk Partai Perindo Sulawesi Tengah yang diketuai oleh Ir.Clemen Efraim Musa, optimis berperan dalam rangka memenagkan calonnya. Selain itu pihaknya juga menargetkan akan meraih kursi yang signifikan pada Pemilihan Legislatif 2019.

“Alhamdulillah, pasangan yang didukung Partai Perindo memenangkan Pilkada DKI. Pola ini juga bisa terjadi di Parmout, Morowali dan Donggala. Kami tidak mengusung, tapi all out untuk memenangkan kandidat,” papar Rusman.

Menurutnya, dengan mesin partai hingga ke desa-desa, Partai Perindo bisa menjadi salah satu pendukung untuk memenangkan kandidat. Olehnya Perindo pun terbuka untuk seluruh kandidat yang ingin membangun komunikasi politik.

Sejauh ini lanjut Rusman, konsolidasi terus dilakukan Partai Perindo di seluruh tingkatan kepengurusan, untuk menyambut Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Ia yakin Perindo memiliki basis massa yang bisa menentukan Pilkada 2018, apalagi pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Dewan Pimpinan Ranting (DPRT) Partai Perindo telah terbentuk se Sulteng.

“Dengan mesin partai berjalan efektif hingga desa atau pengurus ranting, peluang memenangkan kandidat di tiga kabupaten Parmout, Morowali dan Donggala terbuka,” ujarnya.

Partai Perindo kata Rusman, siap bahu membahu dengan partai pengusung kandidat dan relawan yang dibentuk oleh pasangan calon.

KPU RI sudah menetapkan tanggal pencoblosan Pilkada Serentak 2018 yaitu pada tanggal 27 Juni 2018. Rencananya, ada 171 daerah yang mengikuti Pilkada 2018. Tahapan Pilkada serentak 2018 akan dimulai 10 bulan sebelum hari pencoblosan. Tahapan dimulai Agustus 2017. Dari 171 daerah tersebut, ada 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada di 2018.

Sulteng bakal turut dalam Pilkada serentak untuk Kabupaten Donggala, Parmout dan Morowali, pada 2018.  (HAMID)

 

Tentang Penulis: Fauzi Lamboka

Gambar Gravatar
Belajar Menulis dan Menulis untuk Belajar