Gudep MTs Darunna’im Akan Gelar Kemah Akhir Tahun Islam

oleh
Ketua Yayasan Darunna'im, Hi. Moh Nadir, S.Pd.I bersama isteri. (FOTO: IST)

PALU – Dewan Penggalang Kijang/Melati, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darunna’im yang beralamat di Dusun Leleo, Desa Lais, Kecamatan Dondo, Kabupaten Tolitoli menyambut kehadiran tahun baru Islam dengan kegiatan pembinaan kepada anak didik di daerah itu.

Pembinaan yang dimaksud dalam bentuk kegiatan kepramukaan dan keagamaan guna membentuk jiwa-jiwa pembangunan yang patriotik dan memiliki kualitas sehingga dapat mensejajarkan diri dengan perkembangan zaman.

Kegiatan yang dinamai Kemah Bhakti Akhir Tahun Islam (KBATI) itu akan dilaksanakan pada Kamis (29/08) hingga Ahad (01/09) mendatang, di lingkungan MTs Darunna’im. Motto kegiatan yakni “Bermartabat dan Berguna” dengan mengusung tema “Mandiri, Cerdas, Kreatif; Berakhlak Mulia”.

Pendiri sekaligus Ketua Yayasan Darunna’im, Hi. Moh Nadir, S.Pd.I, kepada Media Alkhairaat (MAL), Rabu (21/08), mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran kepramukaan kepada peserta sekaligus meningkatkan mutu pendidikan keagamaan.

“Selain itu untuk mendorong semangat anak didik dalam peringatan tahun baru Islam, memotivasi pembina di setiap gugus depan (gudep) dan meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara,” tuturnya.

Salah satu Abnaulkhairaat di Kabupaten Tolitoli itu menambahkan, kegiatan tersebut berisikan lomba dan non lomba yang akan melibatkan penggalang SD/MI dan SMP/MTs.

“Untuk tingkat penggalang ada lomba fashion show/busana muslim, Da’cil (da’i cilik), hafalan Asmaul Husna beserta terjemahannya, PBB bertongkat, pionering kreatif bentuk jembatan dan koki-koki cilik,” tuturnya.

Sementara untuk tingkat penggalang, lanjut dia, memperlombakan Musabah Syahril Qur’an (MSQ), tadarrus, kaligrafi, khutbah, P3K, skill penggalang dan chef scuat.

“Kalau untuk non lomba ada kegiatan sholat awal dan akhir tahun, zikir akhir tahun, pawai obor, games seru dan bhakti sosial,” katanya.

Pihaknya menargetkan jumlah peserta sebanyak 4.510 orang yang berasal dari seluruh wilayah Kabupaten Tolitoli. Jumlah tersebut terdiri dari peserta SD/MI se Kecamatan Dondo sebanyak 832 orang, SMP se-Kabupaten Tolitoli 3136 orang, pendamping 492 orang ditambah panitia 50 orang.

Pihaknya pun terbuka kepada semua pihak yang ingin beramal mendonasikan sebagian hartanya pada kegiatan keagamaan tersebut. Bagi yang ingin berpartisipasi bisa mengirimkan dana ke rekening BRI nomor 5233 01 000387 53 7 atas nama Yayasan Darunna’im. (RIFAY)