Forum Bumdes Indonesia Sulteng Komitmen Dukung Pembangunan Daerah

oleh
Foto bersama Forum Bumdes Indonesia Sulteng dengan Kadis PMD Rusdi Rioeh. (IST)

PALU – Forum Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Indonesia (FBI)  Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) berkomitmen membangun Bumdes yang berkulitas di daerah tersebut, sehingga dapat mendukung pembangunan daerah.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) untuk komitmen tersebut,” kata Ketua FBI Sulteng, Anjani di Palu, Senin (17/9).

Anjani menjelaskan beberapa poin hasil pertemuan tersebut diantaranya mempercepat pembentukan dan pengukuhan pengurus di Sulteng, sehingga kerjasama dengan instansi teknis untuk program strategis pengembangan Bumdes, dapat segera dilaksanakan.

Pihak DPMD kata Anjadi, juga mengusulkan untuk melakukan pembinaan satu Bumdes di setiap kabupaten, sebagai percontohan, agar dapat memotivasi Bumdes yang lain menjadi lebih baik.

“Diagendakan juga bertemua Bapak Gubernur Sulteng, untuk membicarakan rencana program strategis, agar ada keselarasan dari pemerintah provinsi hingga ke pemerintah desa,” jelas Anjani.

Dalam pertemuan bersama Kadis PMD Rusdi Rioh tersebut, FBI Sulteng juga melaporkan hasil Musyawarah Nasional (Munas) di Padang, Provinsi Sumatera Barat, 27-28 Agustus 2018 lalu.

Dalam Munas tersebut, sejumlah kegiatan dilaksanakan diantaranya identifikasi masalah Bumdes, hingga stimulasi berbagi informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan kemajuan dan perkembangan Bumdes di seluruh Indonesia.

Kagiatan lain yakni mempertemukan semua pengambil kebijakan yang berperan dalam pengelolaan dan pengembangan Bumdes.

Forum Bumdes Indonesia adalah lembaga mitra pemerintah dibawah koordinasi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

“Kami berharap FBI Sulteng dan instansi teknis dapat bekerjasama dan memberikan konstribusi nyata bagi masyarakat di Sulteng, melalui peningkatan dan pengembangan Bumdes yang pada akhirnya dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” harap Anjani. (FAUZI)

loading...

Tentang Penulis: Fauzi Lamboka

Gambar Gravatar
Belajar Menulis dan Menulis untuk Belajar