Empat Perguruan Tinggi di Palu Terima Beasiswa BI

oleh
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah, Abdul Majid Ikram mendampingi Anggota DPR RI Muhidin Said saat memberikan beasiswa BI kepada Universitas Alkahiraat Palu. (FOTO;MAL/IWAN)

PALU- Kantor Perwakilan Bang Indonesia (BI) Sulawesi Tengah, menyerahkan bantuan pendidikan atau beasiswa BI pada empat Perguruan Tinggi di Kota Palu, Selasa, (13/10) di Aula Kasiromu BI Sulteng.

Empat Perguruan Tinggi penerima beasiswa BI tersebut yakni, Universitas Tadulako (Untad), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Universitas Alkhairaat (Unisa) dan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu.

Bantuan senilai Rp600 juta rupiah masing-masing perguruan tinggi itu diterima langsung oleh rektor masing-masing, kecuali Rektor IAIN yang berhalangan hadir.

Kepala Perwakilan BI Sulteng, Abdul Majid Ikram dalam sambutannya mengatakan, program beasiswa dari BI rutin diberikan setiap tahun pada mahasiswa yang berprestasi. Di awal program ini, lanjut Majid baru dua perguruan tinggi negeri yang dapat yakni Untad dan IAIN Palu.

“Tahun 2019 kami berikan lagi pada Universitas Alkhairaat, kemudian tahun ini Universitas Muhammadiyah Palu,” ujarnya.

KPw BI Sulteng itu berharap, mahasiswa dapat memanfaatkan bantuan tersebut sesuai peruntukannya, tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak berhubungan dengan pendidikan.

“Bantuan untuk anak-anak kita ini termasuk lumayanlah, satu juta rupiah satu bulan selama dua semester, namun kami berbeda dengan lembaga lain, penerima manfaat ini tetap kami kontrol,” jelasnya.

Dia menegaskan, mahasiswa penerima beasiswa dievaluasi tidak hanya pada aspek akademiknya semata, melainkan keaktifan mereka pada organisasi Generasi Baru BI atau lebih dikenal dengan GenBi.

Menurut Majid, wadah GenBI menjadi sarana pemantapan soft skill bagi mahasiswa. Mereka diberikan pelatihan kepemimpinan, pengetahuan ekonomi serta kegiatan sosial lainnya.

Sementara itu Rektor Universitas Alkhairaat, Dr. Umar Alatas berterimakasih pada KPw BI Sulteng yang kembali mempercayai Lembaga yang dipimpinnya itu mendapatkan kuota beasiswa BI untuk tahun kedua.

“Terimakasih kepada BI Sulteng, wabilkhusus kepada KPw BI pak Abdul Majid Ikram yang kembali mempercayakan kampus kami sebagai salah satu perguruan tinggi di Palu penerima beasiswa untuk mahasiswa,” katanya.

Selain dalam bidang pendidikan, BI Sulteng juga peduli pada program pengembangan Usaha Kecil Menengah dan program pertanian peningkatan produktivitas dan daya beli petani.

Pada kesempatan itu, dirangkaikan dengan penyerahan bantuan untuk masjid Nurul Iman Kelurahan Lere, Palu dan satu Gereja BK Desa Kadidia, Sigi serta bantuan perahu bagi salah satu kelompok nelayan di Palu. Bantuan diserahkan langsung anggota DPR RI Muhidin Said.

Acara ditutup dengan Capacity Building Leadership GenBi yang dibawakan oleh anggota DPR RI Muhidin Said, yang diikuti perwakilan GenBi empat perguruan tinggi penerima beasiswa Bank Indonesia.

Reporter Iwan Laki
Editor: Nanang

Iklan-Paramitha