Dua Pemuda Talise Pelaku Curas Dibekuk Polisi

oleh
Ilustras Baarang bukti Curas

PALU- Kepolisian Unit Reskrim Polsek Palu Timur  berhasil menangkap dua pelaku Tindak Pidana Pencurian dengan kekerasan (Curas) di Kota Palu, Rabu (17/7).

Dua Tersangka yang diamankan adalah, AY (27) dan AB (17) ke duanya adalah warga Jalan Komodo, Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu.

Dari tangan tersangaka, Polisi mengamankan   satu unit sepeda motor Honda Scoopy  merah hitam yang dipergunakan oleh pelaku melakukan pencurian degan kekerasan.

Satu Hand Pone merk Samsung Young warna Putih, satu obeng plat warna hitam,  uang senilai Rp572 ribu dari  hasil penjualan HP samsung Galaxy J1 Pro.

Satu STNK Mobil, dua STNK sepeda motor,  satu tas bahu warna hitam Merk Supreme milik pelaku AY, satu dompet pink berisikan ATM Bank BNI 46, SIM C, SIM A,  KTP Atasnama Inekhe Kalara, tongkat warna hitam.

Kepala Kepolisian Resort Palu AKBP. Mujian to, SIK  dua hari lalu, di Palu menuturkan.  Berdasarkan keterangan AY, satu buah tas bahu merk Supreme yang berisikan  satu) buah HP Merk Samsung Young warna Putih,  satu obeng plat warna hitam, satu lembar STNK Mobil, dua lembar STNK sepeda motor,  Uang senilai Rp572.000 hasil penjualan HP samsung Galaxy J1 Pro, dompet warna pink berisikan ATM Bank BNI 46,KTP Atasnama Inekhe Kalara, SIM A dan SIM C Atasnama Inekhe Kalara di kos jalan Lagarutu, Kelurahan Talise Valangguni, Kota Palu.

Dia  mengaku, pencurian itu bersama-sama dengan, AB  dengan cara mencongkel jendela kost, namun tidak terbuka. Selanjutnya masuk  melalui pintu kos dan mengambil HP yang berada di samping korba,n yang saat itu sedang tidur.  Kemudian mengambil dompet warna pink dan saat tersebut terdengar oleh korban.

Selanjutnya pelaku mengambil tongkat warna hitam sambil berlari keluar kos dan saat di luar tersangka AB sudah menunggu di atas sepeda motor merk Honda Scoopy.

Saat itu korban sempat menarik tas bahu pelaku, sehingga korban terseret di aspal dan kedua pelaku jatuh dari sepeda motornya.  Namun kedua pelaku bangun kembali dan mengambil sepeda motornya untuk kemudian melarikan diri dengan membawa  hasil curian tersebut.

Kata Mujianto, tersangka AY dan AB dikenakan Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya sembilan tahun Subsider Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya tujuh tahun.

“Untuk pelaku AB akan diberkaskan tersendiri/splitsing mengingat pelaku masih dibawah umur,”katanya.

Di kesempatan itu, Mujianto mengimbau kepada warga Kota Palu untuk meningkatkan kewaspadaan diri, baik saat berada diluar rumah ataupun di dalam rumah.

Dia juga berharap, peran aktif masyarakat untuk bersama-sama dengan Kepolisian menjaga situasi kamtibmas, ataupun mengalami suatu tindak pidana agar menginformasikan atau segera melaporkan ke Kantor Kepolisian terdekat atau langsung ke Polres Palu. (MELDA)