DPRD Poso Bakal Diisi Enam Fraksi

oleh
Ketua Sementara DPRD Poso, Sesi Kristina Dharmawati Mapeda

POSO – Pihak DPRD Kabupaten Poso menggelar rapat dalam rangka membahas pembentukan fraksi dan tata tertib DPRD. Rapat yang digelar sejak Senin (02/09) itu merupakan rapat perdana para anggota DPRD Poso pasca pelantikan tanggal 26 Agustus 2019 lalu.

Ketua Sementara DPRD Kabupaten Poso, Sesi Kristina Dharmwati Mapeda, di ruangannya, Rabu (05/09), mengatakan, rapat tersebut selesai Kamis (06/09). Menurutnya, sebelum rapat digelar, unsur pimpinan telah memberikan surat terlebih dahulu kepada masing-masing untuk segera menetapkan keanggotaannya di fraksi yang dibentuk.

Ditanya soal jumlah fraksi yang akan dibentuk, menurutnya, jika berdasarkan hasil pembahasan sementara, dari 30 kursi yang ada sangat memungkingkan diisi enam fraksi. Satu di antaranya merupakan fraksi gabungan.

Kata dia, dari 11 parpol yang mendapat kursi di DPRD Poso, masih terdapat dua yang belum memasukkan surat keanggotaan dalam pembentukan fraksi.

“Setelah fraksi terbentuk, selanjutnya masing-masing fraksi diberikan waktu untuk menyampaikan kepada ketua untuk diparipurnakan untuk mengetahui siapa yang menjadi ketua, wakil dan sekretaris fraksi,” tambah politisi Partai Golkar itu.

Terpisah, Wakil Ketua Bidang Komunikasi, Partai NasDem Kabupaten Poso, Pey Jamorante, mengatakan, partainya telah melakukan komunikasi dengan beberapa partai dan telah mencapai kesepakatan. Untuk itu, pihaknya memastikan akan bergabung dengan PPP dan Perindo untuk bergabung dalam satu fraksi.

“Kini Partai NasDem sementara menunggu SK DPP terkait pimpinan yang akan mengisi kursi Wakil Ketua DPRD Poso yang dalam waktu dekat sudah kita terima,” jelas Pey. (MANSUR)