Dovisiozo Tempel Ketat Marques

oleh
Foto : Ist

Sepang Pembalap Ducati Andrea Dovizioso sukses membatalkan pesta juara rider Repsol Honda Marc Marquez setelah berhasil meraih podium pertama pada balapan seri ke-17 moto gp di Sirkuit Sepang, Malaysia, Ahad (29/10) siang WIB.

Dovi berhasil finis setelah menyelsaikan 20 lap dengan waktu 44 menit dan 51,497 detik. Di belakang Dovi, rekan setimnya Jorge Lorenzo menguntit dengan catatan waktu 44 menit dan 52,240 detik.

Di podium ketiga, ada rookie MotoGP dari tim Yamaha Tech 3, Johann Zarco yang mencatatkan waktu 45 menit dan 1,235 detik. Marquez harus puas finis di luar posisi podium karena menyelesaikan balapan di peringkat keempat dengan waktu 45 menit dan 9,260 detik.

Dengan hasil di Sepang ini, Dovi masih berpeluang meraih gelar juara 2017. Saat ini, Dovi punya 261 angka, masih tertinggal 21 dari Marquez. Dovi masih bisa menyalip perolehan angka Marquez pada race terakhir musim ini di Valencia, Spanyol pekan depan.

Jalannya balapan

Marquez yang start dari posisi ketujuh sempat menyodok ke peringkat kedua saat lampu hijau menyala. Sementara itu, pemilik pole Dani Pedrosa justru terlempar ke luar tiga besar.

Di saat sama, Zarco bisa mengambil tempat pertama. Dovi yang memulai balapan di posisi ketiga sempat tercecer di posisi keempat.

Dovi sukses merangsek ke peringkat ketiga untuk berhadapan dengan Marquez yang pada saat bersamaan disalip oleh Lorenzo. Dalam perebutan posisi ketiga, Marquez dan Dovi nyaris bersenggolan pada tikungan terakhir lap keenam.

Berawal dari kesalahan Dovi yang melebar, pembalap asal Italia itu berusaha kembali ke jalur yang tepat. Di saat sama Marquez melesat di sana dan senggolan hampir terjadi. Namun, Dovi bisa mengambil peringkat ketiga dari Marquez.

Pada lap kesembilan Lorenzo menyalip Zarco untuk mengambil posisi pertama. Lepas lap kesepuluh, tinggal empat pembalap yang memimpin di depan.

Dovi dan Lorenzo yang menunggangi motor sama, Ducati Desmosedici GP17, benar-benar berjaya. Setelah menyalip Zarco pada lap ke-12, Dovi berada di peringkat kedua bersama Lorenzo di depannya.

Memasuki empat lap terakhir, Dovi bisa menyalip Lorenzo. Bermula dari kesalahan Lorenzo yang melebar, pembalap asal Spanyol itu nyaris jatuh. Kesempatan ini diambil oleh Dovi yang hingga selesai balapan terus melaju di posisi pertama.

 

loading...