Diskominfo Sulteng Sosialisasikan Bahaya Narkoba

oleh
Pembukaan sosialisasi bahaya narkoba bagi generasi muda yang dilaksanakan Diskominfo Sulteng, Kamis (17/11). (FOTO: HUMAS PEMPROV SULTENG)

PALU – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Persandian dan Statistik, Provinsi Sulteng melaksanakan sosialisasi bahaya narkoba bagi generasi muda, di salah satu hotel di Kota Palu, Jumat (17/11). Kegiatan itu diikuti puluhan pelajar serta tenaga pengajar dalam lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Palu.

Asisten Administrasi Umum dan Organisasi, Mulyono, mengapresiasi langkah Diskominfo yang melaksanakan kegiatan itu.

Menurut Mulyono, kegiatan tersebut sangat penting untuk mengetahui bahaya narkoba di semua golongan, baik anak-anak, remaja, dewasa, pemuda bahkan lanjut usia. Sebab kata dia, generasi saat ini sedang terancam sebuah bahaya besar narkoba yang jika diabaikan akan menghancurkan bangsa Indonesia.

“Penyalahgunaan narkoba pada kalangan remaja meningkat tajam akibat dari penyimpangan perilaku anak muda zaman sekarang,” katanya.

Menurutnya, saat ini perkembangan pecandu narkoba di Indonesia mengalami peningkatan. Penggunanya didominasi remaja yang berumur 11 hingga 25 tahun. Hal itu menurutnya disebabkan oleh pergaulan yang tidak terarah.

“Upaya pencegahan sebenarnya tidak sulit, hanya membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak seperti keluarga, sekolah dan orang tua dengan menanamkan nilai-nilai agama dan melakukan kegiatan positif,” jelasnya.

Sementara Ketua Panitia, Syamsudin mengatakan, dasar hukum kegiatan adalah UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, UU Nomor 35 tentang Narkotika dan Psikotropika, PP Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi dan sejumlah peraturan lainnya.

“Maksud diadakannya sosialisasi adalah untuk mengetahui bahaya narkoba, bagi masyarakat umum khususnya generasi muda,” katanya. (YAMIN)