Dinkes Palu Tetapkan Target Kinerja Puskesmas

oleh
Suasana rapat penetapan target capaian kinerja Puskesmas Tahun 2019-2020, di ruang kerja Sekretaris Dinkes, Rabu (09/10). (FOTO: MAL/HAMID)

PALU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palu menggelar rapat penetapan target capaian kinerja Puskesmas Tahun 2019-2020, di ruang kerja Sekretaris Dinkes, Rabu (09/10).

Rapat yang dipimpin Sekretaris Dinkes, Ilham Arsyad itu dihadiri seluruh pejabat struktural Dinkes Palu.

Ilham berharap agar apa yang telah dirumuskan dalam rapat tersebut, dapat dijadikan patron dalam penilaian kinerja Dinkes di masa mendatang

“Ini penting untuk mengetahui sejauhmana program yang sudah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dalam hal ini melalui Puskesmas sebagai ujung tombak operasional dalam pelayanan kesehatan masyarakat,” kata Ilham, usai rapat.

Dalam hal ini, lanjut dia, diurai secara detail, mana target yang telah disusun, termasuk indikator yang menjadi penyebab target itu dapat tercapai atau tidak.

“Intinya, setelah penyusunan ini, akan dilakukan penilaian tentang apa yang sudah dilaksanakan. Kalau ada target yang belum tercapai, maka kita akan mencari dan menganalisa apa penyebabnya, apakah disebabkan oleh sumber dayanya atau factor lain (eksternal). Kemudian disusul dengan rekomendasi,” terangnya.

Berdasarakan hal itu, lanjut dia, maka harus dijadikan rekomendasi pemenuhan standar untuk dimasukkan dalam perencanaan.

“Sehingga perencanaannya akan berdasarkan database yang betul-betul sesuai dengan fakta di lapangan,” ujarnya.

Terkait itu, lanjut dia, pihaknya akan melakukan uji coba di salah satu Puskesmas, akhir bulan ini.

Menurut Ilham, hal-hal yang disasar adalah terkait manejemen adminsitrasi yang berkaitan dengan upaya kesehatan masyarakat esensial, upaya kesehatan pengembangan dan upaya kesehatan perorangan.

“Itulah poin-poin yang akan kita nilai,” pungkasnya. (HAMID)