Pasca Bencana, Untad Gelar Wisuda Ke 94 di Tenda

oleh
Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi. Prof. H. Mohamad Nasir, menyerahan bantuan secara simbolis kepada tiga mahasiswa Bidikmisi diselah-selah acar wisuda ke 94 Universitas Tadulako, Kamis (08/11) (FOTO : MAL/YAMIN)

PALU – Universitas Tadulako (Untad), kembali menamatkan 902 sarjana, ditandai dengan pelaksanaan wisuda ke-94, Kamis (08/11), dalam tenda yang didirikan di lapangan upacara Untad.

Kegiatan itu dihadiri Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) Prof. H. Mohamad Nasir, Dirjen SDDID Prof. Ali Gufron Mukti, Plt. Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Prof. Intan Achmad, Karo Keuangan Moch. Wiwin Darwina, Staf Khusus Menteri Desa dan Transmigrasi, Bowo, Kepala LL Dikti Wilayah IX Sulawesi dan seluruh anggota senat Untad serta sejumlah pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.

Di kesempatan itu, Menristekdikti, Mohammad Nasir mengawali orasinya dengan meminta kepada hadirin untuk membaca Alfatihah dan berdoa untuk para korban bencana.

“Mudah-mudahan diterima Allah sebagai amalan yang baik. Saat ini masih dalam situasi duka, mungkin keluarga wisudawan wisudawati ada yang kehilangan, ada yang meninggal, mungkin ada yang cedera atau yang lain. Bagi yang meninggal semoga termasuk golongan yang mati syahid. Allah selalu mengampuni dosa-dosa mereka,” ucapnya.

Nasir meminta pda para wisudawan untuk tidak berkecil hati dengan bencana yang menimpa. Menurutnya, Tuhan sudah menggariskan sehingga cobaan yang terjadi dalam kehidupan bisa memberikan hikmah pada semua.

“Saya selalu berdoa, anda menjadi orang-orang terbaik di negeri ini, orang yang sukses di negeri ini. Harapan-harapan itu bisa terwujud dengan apa yang anda impikan di masa lalu,” supportnya.

Menteri pun memberikan sejumlah bantuan kepada Untad dan sejumlah mahasiswa Bidikmisi.

Wisudawanti angkatan ke 94 Untad (FOTO : MAL/YAMIN)

Di kesempatan yang sama, Rektor Untad, Prof. Muhammad Basir, mengatakan, kehadiran rombongan dari Kementerian merupakan sumber energi dan spirit bagi keluarga besar Untad untuk terus menjalankan amanah yang dipercayakan dalam menunaikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rektor juga menyampaikan pesan khusus kepada wisudawan dan seluruh keluarga yang sempat hadir di saat suasana duka masih membekas. Kehadiran mereka juga menjadi sumber kebangkitan Untad.

“Bapak Menristekdikti dan rombongan, hanya doa yang dapat kami balaskan kepada beliu-beliau yang telah memberikan perhatian luar biasa kepada keluarga besar Untad dan masyarakat Sulteng yang tengah diberi ujian ketabahan oleh Allah SWT,” katanya.

Wisudawan angkatan 94 terdiri dari 39 lulusan Pascasarjana (S2), 863 lulusan Sarjana Strata Satu (S1) dan Ahli Madya Diploma Tiga (D3).

Ratusan wisudawan tersebut, masing-masing S1 Fakultas Kedoteran dan Profesi sebanyak 32 orang, Fakultas Peternakan dan Perikanan 32 orang, Fakultas Ekonomi 102 orang, Fakultas Kesehatan Masyarakat 27 orang, Fakultas Kehutanan 29 orang, FKIP 314 orang, Fakultas Hukum 53 orang, Fakultas Teknik 66 orang dan FISIP 107 orang.

Hingga saat ini, jumlah alumni Untad telah mencapai 64.998 orang. (YAMIN)

loading...

Tentang Penulis: Fauzi Lamboka

Gambar Gravatar
Belajar Menulis dan Menulis untuk Belajar