Dari 1670, 578 Napi Belum Kembali

oleh
Direktorat Jendral (Ditjen) Pemasyarakatan Kemenkum HAM, Sri Puguh Budi Utami

PALU – Ketika terjadi gempa Palu Donggala Sigi (Pagasi), Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan di Palu dan Donggala melepas para tahanan.

Direktorat Jendral (Ditjen) Pemasyarakatan Kemenkum HAM, Sri Puguh Budi Utami menyatakan dari data yang ada sebelum gempa, total jumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) ada di lapas Palu dan rutan sebanyak 1670 WBP.

Namun yang sudah kembali 1092 dan masih ada 578 orang penghuni berada diluar Lapas dan Rutan.

“Mulai hari ini satgas akan melakukan penyisiran berdasarkan data yang ada alamat dan fotonya,” kata Ditjen PAS Kemenkum HAM, Sri Puguh Budi Utami di Lapas Petobo, Sabtu (29/10).

Sri mengimbau,  penghuni Lapas dan Rutan berada di luar agar segera kembali untuk menyerahkan diri secara sukarela, dalam jangka tiga hari kedepan.

Bila sampai batas waktu ditetapkan mereka belum kembali, maka pihaknya akan menyerahkan pada pihak berwajib, guna melakukan pencarian dan ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO).

Selama para DPO ini di luar, kata Sri, tidak dihitung sebagai masa pidana atau tahanan, tapi menjadi faktor penambah. Jadi kapan mereka ditangkap di situlah dihitung sebagai masa tahanan, tetapi terhadap mereka yang sekarang kembali selama mereka di luar tetap diperhitungkan sebagaimana mereka menjalani masa penahanan. **

Rep: Ikram
Red: Nanang

loading...