Calon Wali Kota Sebut Penyebab Banjir di Pasar Manonda Ulah Manusia

oleh

PALU – Calon Wali Kota Palu, Hidayat, mengatakan, penyebab terjadinya luapan air sampai menggenangi rumah warga di sekitar Pasar Inpres Manonda karena adanya perubahan jalur air yang disebabkan oleh ulah manusia.

“Banjir yang terjadi di Pasar Inpres Manonda dan sekitarnya itu disebabkan terjadinya pengecilan jalur air Sungai Manonda karena warga sudah membangun rumah di sungai sehingga air meluap karena aliran air pada jalur yang semestinya itu sudah mengecil dan sempit,” terang Hidayat, di hadapan puluhan warga Pasar Inpres Manonda, Selasa (13/10) malam.

Menurutnya, salah satu cara mengatasi persoalan banjir adalah perlunya kesadaran dari masyarakat untuk menjaga kebersihan dan berperilaku ramah terhadap lingkungan.

“Salah satu contoh perilaku yang kurang baik terbukti dan kami menemukan ada kursi sofa dan kasur yang dibuang di selokan. Ini kami temukan saat memperbaiki jembatan di depan SMP 3 beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Ia berharap agar perilaku yang tidak terpuji seperti itu tidak terjadi lagi, sehingga infrastruktur yang dibangun dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.

“Terkait persoalan luapan air di Manonda, kami telah meminta dinas yang bersangkutan untuk segera mencarikan solusi,” tandasnya.

Usai pertemuan silaturahim yang dilaksanakan di kediaman H Abbas tersebut, Hidayat menyempatkan diri untuk berdiskusi dengan warga dalam rangka menerima saran dan masukan serta harapan dari warga setempat.

Reporter : Hamid
Editor : Rifay

Iklan-Paramitha