Calon Wagub, Syaifullah Djafar Mundur?

oleh
Kantor Gubernur Provinsi Sulteng. (FOTO: IST)

PALU – Proses penggodokan bakal calon Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng pengganti Soedarto, belum juga menemui titik terang. Pasalnya, hingga kini empat partai pengusung belum juga mencapai kesepakatan soal figur-figur yang akan dicalonkan.

Padahal sebelumnya, partai koalisi pengusung pasangan Gubernur/Wakil Gubernur Sulteng, Longki Djanggola/Sudarto pada Pilgub lalu, mengaku sedang membahas tiga nama, yakni Faisal Mang, Syaifullah Djafar dan Anshayari Arsyad. Kesemuanya berlatar belakang birokrasi.

Namun belakangan tersiar kabar bahwa pembahasan nama-nama tersebut, tidak menemui kata sepakat.

Sumber dari internal salah satu partai pengusung mengatakan bahwa satu diantara tiga calon yang dimaksud, yakni Kadis PU Bina Marga Provinsi Sulteng, Syaifullah Djafar, mundur dari bursa pencalonan.

Bahkan kata dia, salah satu partai bahkan mengajukan nama lain lagi, yakni Sigit Purnomo Said atau Pasha “Ungu” yang saat ini sedang duduk sebagai Wakil Wali Kota Palu. Pasha juga merupakan kader PAN.

Salah satu pengurus Partai Amanat Nasional (PAN), Suprapto Dg Situru, Selasa (13/03) mengatakan, jika benar Syaifullah Djafar mundur, maka akan lebih baik, mengingat karir birokrasinya masih cukup panjang.

“Kalau tidak salah masih sekitar empat tahunan lagi karirnya. Mungkin juga sudah ada masukan sehingga dia tidak ikut mencalonkan. Menurut saya bagus kalau dia mundur,” kata Anggota Komisi III DPRD Sulteng itu.

Meski demikian, dia membantah jika partainya mengajukan Pasha sebagai salah satu calon wagub.

“Pasha Ungu tidak diajukan. Pasha Ungu calon gubernur kedepan,” katanya.

Sebelumnya, Sekprov Sulteng H. Moh. Hidayat Lamakarate, menegaskan, Gubernur Sulteng Longki Djanggola yang juga Ketua DPD Partai Gerindra itu tidak mendiamkan proses pemilihan Wagub Sulteng.

“Hanya saja koalisi partai pengusung belum menemui kata sepakat,” katanya.

Sementara Sekretaris DPW PAN Sulteng, Rusli Dg Palabbi mengatakan, saat ini tim kecil yang dibentuk untuk menggodok nama-nama calon wagub sedang bekerja. Mereka akan mengadakan pertemuan kembali dalam waktu dekat ini.

Syaifullah Djafar yang dihubungi media ini, tidak merespon, baik panggilan telepon maupun pesan WhatsApp (WA) yang dikirim ke nomor ponsel pribadinya.

Sedianya, Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Provinsi Sulteng telah menetapkan jadwal pemilihan Wagub. Sesuai hasil rapat Bamus, tahapan hingga hari H pemilihan akan dihelat dalam range waktu dari tanggal 2 Januari hingga 7 Februari 2018 dan saat ini, jadwal tersebut sudah lewat. (RIFAY)