Bupati Pimpin Aksi Bersih Sungai di Poso

oleh
Suasana Kegiatan ABS di Bantaran Sungai Kota Tentena, Selasa (11/12).(FOTO : MAL/MANSUR)

POSO – Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu bersama ratusan orang dari unsur masyarakat, PNS yang tergabung dalam Front Pecinta Alam di menggelar kegiatan Aksi Bersih Sungai (ABS) yang dipusatkan di Kota Tentena, kecamatan Pamona  Puselemba, Selasa.

Ratusan peserta ABS dibagi menjadi 86 tim, 10 tim diantaranya bertugas membersihkan seluruh sampah  yang ada di badan sungai. Sementara  76 tim  lainnya membersihkan sampah yang berada bantaran sungai yang dipusatkan di Sungai Tentena, kecamatan Pamona Puselemba .

Selain Bupati Poso  dan masyarakat, kegiatan tersebut juga melibatkan unsur  swasta termasuk  pihak PT. Poso Energy.

Bupati Darmin kegiatan ABS merupakan langkah awal untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat yang beraktivitas di seputaran sungai, baik di bantaran sungai maupun di badan air, untuk mulai mengubah perilaku buang sampah pada tempatnya.

“Mungkin lebih bijak dalam memperlakukan sungai tempat dimana mereka beraktivitas sehari-hari,” kata bupati.

Aksi kepedulian ini merupakan langkah cerdas untuk menjaga kelestarian sungai dari pencemaran sampah dan juga limbah lainnya.

‘’Saya berharap kegiatan ABS ini menjadi inspirasi bagi warga masyarakat sekitar sungai, untuk lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan sungai, karena bisa mengakibatkan kerusakan biota dan ekosistem kehidupan air tawar di Sungai Poso,’’ ajak Darmin.

Bupati juga meminta dukungan seluruh pihak dan pemangku kebijakan, serta masyarakat Poso untuk mendukung program dan upaya-upaya pemerintah dalam meingkatkan potensi sungai Poso.

Ketua panitia ABS, Yan Bue  mengatakan untuk mengumpulkan ratusan orang dari berbagai kalangan tersebut, pihaknya telah mempersiapkan diri selama tiga pekan  terakhir, hingga kuota peserta  terpenuhi sampai  500-an.

Menurutnya, dengan waktu yang singkat, respon warga cukup bagus menjadi harapan dan  gambaran, jika niat baik masyarakat setempat untuk memperbaiki perilaku membuang sampah pada tempatnya. (MANSUR)