Bupati Paparkan Kondisi Sigi Pascabencana

oleh
Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta saat menyampaikan kondisi daerahnya, pascabencana alam, pada kegiatan Dialog Publik Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana, di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa (22/01). (FOTO: IST)

PALU – Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta menyampaikan kondisi terkini Kabupaten Sigi, pascabencana alam, pada kegiatan Dialog Publik Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Provinsi Sulteng, yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa (22/01).

Acara yang dibuka Gubernur Sulteng, Longki Djanggola itu, dihadiri Ketua DPRD Sigi Moh Rizal Intjenae dan sejumlah pimpinan daerah serta legislative yang terdampak bencana. Dari kegiatan tersebut diharapkan ada usulan dan masukkan untuk percepatan pemulihan pascabencana.

Mengawali pemaparannya, Bupati Sigi terlebih dahulu menyampaikan gambaran singkat karakteristik sebelum dan sesudah terjadinya bencana. Kemudian menyampaikan kronologi kejadian bencana, upaya penanganan darurat, proses pendanaan dan pelaksanaan, serta kesinambungan pemulihan berbasis pengurangan resiko bencana.

“Pascabencana yang terjadi beberapa bulan lalu, tentu banyak hal yang menjadi tugas pemerintah dalam melakukan pemulihan kembali. Kami dalam hal ini telah berupaya melakukan hal itu secara bertahap, walaupun diketahui anggaran bencana daerah tidak dimiliki,” katanya.

Dia bersyukur upaya-upaya yang dilakukan telah berjalan dan saat ini tengah memasuki tahap pembangunan hunian tetap (huntap).

“Kita semua juga berharap sinkronisasi pemerintah daerah dan provinsi sampai ke pusat dalam melakukan perbaikan dan pemenuhan hidup warga, tetap berjalan dengan baik,” harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Provinsi Sulteng, Bupati Donggala, Wakil Bupati Parimo, Kepala Bappeda Provinsi Sulteng, perwakilan Kementerian PUPR, perwakilan Bappenas, Perwakilan Bank Dunia, sejumlah LSM, serta Kepala OPD terkait. (HADY)