Bola Api Terbang Gegerkan Warga Poso

oleh
Penampakan bola api di wilayah Kelurahan Gebang Rejo, Rabu (29/05) malam. (FOTO: IST)

POSO – Warga Kota Poso digegerkan dengan adanya fenomena alam menyerupai kobaran bola api terbang secara berpindah-pindah. Kejadian aneh dan langka tersebut terjadi di wilayah Kota Poso pada Rabu (29/05) malam sekitar pukul 22.00 Wita.

Informasi yang berhasil dihimpun MAL, kejadian aneh tersebut terjadi tepat di atas bukit di wilayah Kelurahan Gebang Rejo, Kecamatan Poso Kota.

Anehnya, meskipun kejadiannya begitu singkat, namun seorang warga yang sekaligus saksi mata bernama Rusman (47), sempat mengabadikan dalam bentuk foto, lalu mengunggahnya hingga viral di media sosial Facebook (FB).

Rusman yang sempat dikonfirmasi via telephon, menceritakan secara singkat kejadian aneh yang terjadi tepat di belakang rumahnya. Saat itu, dia menyaksikan kejadian yang baru pertama kalinya dialami, di mana ada benda berupa kobaran api yang berpindah-pindah. Peristiwa itu, kata dia, juga turut disaksikan banyak orang yang ada di wilayah tersebut.

“Waktu itu saya baru pulang belanja keperluan lebaran bersama keluarga. Tiba di rumah kaget melihat api besar menyala di belakang rumah. Dalam benak, ini pasti kebakaran seperti tahun-tahun sebelumnya yang memang sering terjadi di hutan belakang rumah. Sambil jaga-jaga agar api tidak melebar ke bawah, sekitar lima menit saya terus mengamati dan mengambil lampu sorot. Tapi tidak lama kemudian apinya menghilang,” ungkap Rusman.

Rusman semakin penasaran dan tanpa berpikir panjang langsung mendatangi Posko Pemadam Kebakaran (Damkar) dan memberitahukan tempat ditemukannya bola api terbang tersebut.

Petugas Damkar pun  langsung bergegas ke lokasi dengan menerjunkan 3 unit mobil pemadam.

“Setelah saya selesai melapor, saya langsung duluan balik ke rumah dan melihat api sudah mulai padam. Namun saat petugas masuk lorong, tiba-tiba api kembali menyala sehingga  tim pemadam dan warga secara bersamaan melihat bola api besar menyerupai komet yang berpindah dari tempat kebakaran ke lokasi yang lain,” tuturnya.

Menarikanya, kata dia, kejadian aneh itu ternyata disaksikan warga Kelurahan Kasintuwu, Kecamatan Poso Kota Utara, tepatnya di wilayah seputaran Taman Gedung Olah Raga (GOR) Puselemba.

Tidak jauh berbeda dengan penampakan bola api pertama, warga Kasintuwu juga menyaksikan pemandangan yang sama, di mana bola api terbang berpindah-pindah dengan cahaya yang cukup terang.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan dari pihak terkait, semisal tokoh agama, mengenai kejadian aneh tersebut. Apakah pertanda alam atau tanda-tanda kebesaran Allah lainnya yang kembali ditunjukkan.

Berdasarkan pengakuan sejumlah warga, kejadian serupa juga pernah terjadi sebelum peristiwa kerusuhan Poso Tahun 2009 silam. (MANSUR)