BKKBN Sulteng Promosikan Burung Maleo di Festival Kapal Hias Harganas ke XXVI

oleh
Miniatur maleo yang menghiasi kapal Perwakilan BKKBN Sulteng yang meramaikan perayaan Harganas ke XXVI di Banjarmasin, Rabu (03/07) malam (FOTO : IST)

PALU – Kontingen Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulteng tampilkan Maleo, burung andemik Sulteng pada peringatan tingkat nasional Harganas ke XXVI 2019 yang digelar dalam Festival Kapal Hias Menelusuri Sungai di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

“Kami mengikuti berbagai rangkaian acara, salah satunya adalah mengikuti festival perahu hias menelusuri sungai. Di sini kami menampilkan miniatur Tugu Khatulistiwa, penampilan pakaian adat dan seni budaya bermuatan lokal Sulteng,”  ujar Kasubbag Humas Perwakilan BKKBN Sulteng, Bramanda Garibaldi Noya dihubungi dari Palu, Kamis (04/07).

Bram  mengatakan, Sulteng pada khususnya adalah suatu wilayah yang mempunyai karakteristik tersendiri, terutama burung maleo yang endemik yang dapat ditemukan di hutan tropis Sulawesi tengah dan mulai terancam punah.

“Melalui penampilan seni budaya dan keindahan alam. Kami menjadikan ini sebagai media sosialisasi pentingnya membangun keluarga yang berkualitas khususnya bagi masyarakat Sulteng,” katanya.

Dikatakan Bram, keluarga yang berkualitas itu merupakan suatu tujuan yang ingin dicapai melalui program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dari BKKBN.

“Sebab itu isu-isu yang dititipkan kepada masyarakat supaya masuk dalam kehidupan keluarga dengan cara kami mengangkat budaya-budaya lokal itu,”jelasnya.

Ditemui terpisah, Kepala Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN Sulteng, Moh. Rosni menambahkan event tersebut adalah kesempatan baik yang  menjadi corong dalam mempromosikan kebudayaan dan produk unggulan Sulteng.

“Termasuk pesan-pesan pembangunan keluarga berencana juga kami tampilkan disana. Untuk tahun ini kontingen BKKBN Sulteng menurunkan 280 orang melibatkan mitra kerja terkait, seperti DP2KB Sulteng, DP3A Sulteng, TP PKK Sulteng, dan OPD Kabupaten Kota Se Sulteng,” tandasnya. (YAMIN)