BKKBN Canangkan Kampung KB Torabelo Tondo

oleh
Suasana pencanangan Kampung KB Torabelo di RT III RW I, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Rabu (15/08). (FOTO: MAL/YAMIN)

PALU – Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulteng bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu mencanangkan RT III/RW I, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) Torabelo.

Pencanangan itu dilakukan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan, M. Rifani Pakamundi.

Rifani menyampaikan, pembentukan Kampung KB Torabelo merupakan tindak lanjut arahan Presiden agar manfaat program KB dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat, terutama yang berada dalam wilayah miskin, padat penduduk dan tertinggal di seluruh wilayah tanah air.

“Dengan dicanangkannya Kampung KB ini, maka diharapkan Program KB dapat bergema kembali dan menjangkau masyarakat terutama yang berada di kelurahan dan desa seluruh Indonesia,” jelasnya.

Rifani juga berharap, terbentuknya Kampung KB Torabelo dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan warga Kota Palu pada umumnya.

“Harapan kita dapat mempererat dan merevitalisasi program KB dan keluarga sejahtera serta tidak berhenti pada seremoni pencanangan semata, akan tetapi secepatnya ada aksi dan gerakan nyata di lapangan,” harapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan KB, sesungguhnya tidak terbatas pada masalah pembangunan KB dan keluarga sejahtera saja, namun juga menyangkut masalah pengendalian dan kesejahteraan penduduk.

“Kampung KB merupakan suatu wilayah setingkat RW atau setara yang memiliki kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program kependudukan KB  dan pemberdayaan keluarga dengan membangun sektor terkait yang dilaksanakan secara sistematik dan sistimatis,” katanya.

Sementara Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulteng, Abdullah Kemma, mengingatkan, agar program KB dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kelurahan Tondo, maka dimohon pada pemerintah daerah beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat memberikan dukungan, melalui intervensi Program Kampung KB.

“Marilah kita bekerja keras untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan di Kampung KB melalui sinergitas antar sector, baik di tingkat Kota Palu maupun kecamatan, sehingga tujuan menyejahterakan seluruh masyarakat Provinsi Sulteng dapat kita wujudkan,” harpanya. (YAMIN)