Bismillah, SMP 2 Alkhairaat Ikut Kontes Robot

oleh
Proses perakitan dua robot di SMP 2 Alkhairaat Palu. (FOTO: MAL/NANANG IP)

PALU – Pihak SMP 2 Alkhairaat Pusat Palu akan mengutus dua tim untuk mengikuti ajang bergengsi kontes robot se-Sulteng. Lomba bertajuk “Palu Sumo Robot Kontes” itu akan berlangsung akhir pekan ini, di Kampus Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Adhi Guna Palu.

Beberapa robot karya pelajar, akan diadu selama tiga menit. Jika selama waktu yang disediakan, tim robot keluar dari arena pertandingan, maka robot dengan poin tertingi dinyatakan sebagai pemenangnya.

Pembimbing robotik SMP 2 Alhkairaat Palu, Nasrun, Kamis (22/02), mengatakan, dua tim yang diturunkan sudah siap mengikuti ajang tersebut.

Dia mengatakan, proses perakitan robot sumo karya santrinya hanya memakan waktu dua pekan saja. Hanya saja, kata dia, mereka terkendala proses pengiriman beberapa komponen robot dari luar daerah.

“Jumat (hari ini), teknical meating di STMIK Adhi Guna. Terus pembukaannya jam 1 siang. Running test (uji coba) robotnya Sabtu sore,” kata Nasrun.

Selain memaksimalkan dua timnya, menurutnya, tidak ada taktik lain yang dilakukan, selain banyak berdoa agar anak didiknya bisa mearaih juara.

Terpisah, Kepala SMP 2 Alkhairaat Palu, Sumitro Nento, menyatakan, pihaknya sudah siap mengikuti lomba tersebut. Semua itu berkat kerja sama pondok pesantren, sekolah dan juga dukungan orang tua santri.

Sumitro mengaku, pihaknya sempat kewalahan dalam menyediakan anggaran perakitan robot, sebab satu robot yang dirakit memakan dana yang tidak sedikit.

“Pendaftaran juga harus dibayar, kemudian juga alat-alat. Alhamdulillah juga bisa terlaksana,” tambahnya.

Ia berharap, perlombaan yang melibatkan dari sejumlah sekolah itu bisa menambah keahlian para santrinya. Karena, di Pondok Pesantren, dikenal pendalaman ilmu agama saja. Tetapi, dengan begitu, karakter dan skill menjadi perhatian sekolah.

“Kedepan, kami akan melakukan lomba yang sama di SMP 2 Alkhairaat Palu,” tutupnya. (NANANG IP)