Baznas Sulteng Programkan Buka Puasa Bersama Anak Yatim

oleh
Foto pengurus Baznas Sulteng bersama anak didik Panti Asuhan Baitul Yatima, selepas buka besama dan Shalat Magrib berjamaah, Senin (21/05). (FOTO: MAL/YUSUF)

PALU – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sulteng telah mencanangkan kegiatan buka bersama anak yatim dan fakir miskin di 12 panti asuhan yang ada di Kota Palu.

Senin (21/05) kemarin, Baznas mengawalinya dengan melakukan kegiatan tersebut di dua panti asuhan, yakni Baitul Yatima dan Banul Khairaat. Buka puasa bersama itu dirangkai pembagian bingkisan kepada anak-anak panti.

Ketua Bidang Administrasi dan Sumber Daya Manusia, Baznaz Sulteng, Taofan, menyebutkan, setiap harinya akan dilakukan buka puasa bersama di dua panti asuhan. Secara keseluruhan, kegiatan buka puasa bersama itu akan berakhir pada tanggal 23 mendatang.

Lebih lanjut dia mengingatkan kepada para pengurus masjid yang ada di Sulteng untuk menyetorkan zakat yang terkumpul di masjid masing-masing kepada pengurus Baznaz, untuk selanjutnya disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerima.

“Karena di Baznaz Sulteng sendiri terdapat program rutin yang sudah terencanakan dengan baik dan terkoordinir. Kami sudah mememiliki catatan orang-orang yang akan dibantu,” ujarnya.

Dia menjelaskan kriteria orang-orang yang masuk dalam daftar penerima zakat, yakni para anak yatim piatu, janda-janda tua, para jompo dan fakir miskin.

Selain itu, tambah dia, Baznaz Sulteng juga memprogramkan bantuan kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam bentuk gerobak jualan.

“Sehingga dengan begitu, kedepan diharapkan mereka ini dapat membayar zakatnya sendiri,” pungkasnya. (YUSUF)