Bawaslu Bantu Rp1,2 Miliar Bagi Korban Bencana

oleh
Pimpinan Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo menyerahkan bantuan uang Rp875 juta kepada Ketua Bawaslu Sulteng, Ruslan Husen, Senin (29/10). (FOTO: MAL/IKRAM)

PALU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menyerahkan bantuan uang total senilai Rp1,2 miliar bagi korban bencana di Kota Palu, Donggala dan Sigi (Pagasi).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Pimpinan Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo di Kantor Bawaslu Sulteng, Jalan Sungai Moutong, Senin (29/10).

Dari total bantuan tersebut, Rp325 juta diberikan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ardiansyah Lamasitudju dan Rp875 juta diterima Ketua Bawaslu Sulteng, Ruslan Husen.

Ratna mengatakan, bantuan itu berasal dari seluruh Bawaslu di Indonesia sebagai bentuk solidaritas kemanusian, sebagaimana yang telah telah dilakukan untuk korban gempa di Lombok.

Sebelumnya, Bawaslu RI juga telah menyalurkan bantuan logistik berupa sembako, susu bayi, popok serta kebutuhan lainnya  sebanyak empat truck, dua hari pasca bencana.

“Harapan kami, dengan adanya bantuan ini bisa memulihkan kondisi korban secara cepat. Khusus penyelenggara agar bisa membuat mereka bekerja lebih cepat, nyaman dan tenang,” ujarnya.

Staf Ahli Ekonomi dan Pembangunan, Ardiansyah Lamasitudju mengatakan, dana tersebut akan dimasukan ke rekening bantuan bencana, sebelum disalurkan oleh dinas terkait yakni BPBD dan Dinsos.

Sementara Ketua Bawaslu Sulteng, Ruslan Husen mengatakan, bantuan yang diterimanya akan disalurkan kepada jajaran pengawas pemilu yang menjadi korban, baik yang meninggal dunia, hilang dan tempat tinggalnya rusak berat atau ringan.

“Tentunya penyaluran bantuan ini berdasarkan data,” katanya.

Selain itu kata dia, bantuan ini diserahkan kepada pihak yang pernah berkonstribusi sebagai pengawas pemilu yang memiliki hubungan emosional dan berkonstribusi dalam pengawasan pemilu pada periode sebelumnya. (IKRAM)

 

loading...