Baru 300 Lebih Calhaj Kota Palu Melapor

oleh
Kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Palu, H. Muhammad Isnaeni

PALU – Kementerian agama (Kemenag) Kota Palu melalui Seksi haji meminta kepada calon jama’ah haji (Calhaj) yang akan berangkat dimusim haji tahun ini untuk segera melaporkan diri Kantor Kemenag Kota Palu yang ada di Jalan Bantilan.

Kepala Seksi Haji dan Umroh Kemenag Kota Palu, H. Muhammad Isnaeni di Palu, Rabu (9/1) mengatakan, pasca bencana yang melanda wilayah Kota Palu, Sigi dan Donggala lalu, pihaknya telah membuka ruang kepada calon haji untuk melaporkan diri hingga tanggal 30 Desember 2018.

Tetapi hingga kemarin yang baru melapor dan melengkapi berkas keberangkatan haji baru 300 lebih, dari jumlah total 674 orang.

“Padahal kami juga sudah menyurati melalui Kantor Urusan Agama dimasing-masing daerah, tapi sampai hari ini baru 300 sekian yang melapor,”akunya.

Atas hal tersebut, Kemenag telah memperpanjang waktu konfirmasi atau pendaftaran tersebut hingga tanggal 30 Januari 2019.

“Untuk pendaftaran lagi kami perpanjang sampai 30 Januari 2019 ini , karena menunggu yang 300 lebih orang ini kan cukup banyak juga,” katanya.

Isnaeni mengakui cukup memaklumi atas kondisi yang ada pasca bencana. Sehingga dia berencana sekitar awal februari akan merilis ulang nama-nama Calhaj yang belum melakukan konfirmasi itu melalui media agar dapat diketahui masyarakat siapa saja yang belum melapor ke Kemenag.

Ditambahkannya, Calhaj Kota Palu yang akan diberangkatkan pada musim haji 2019 ini berjumlah 674 orang. Mereka adalah orang-orang yang terdaftar di bulan Oktober –November 2011 dan Januari sampai 13 februari 2012.

“Nah bagaimana yang mendaftar setelah tanggal 13 februari ? itu akan berangkat ditahun berikutnya.,”jelasnya.

Dipenghujung Isnaeni mengimbau juga pada Calhaj agar aktif mengikuti manasik haji yang dilaksanakan  oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang ada. Terlebih mengikuti kegiatan itu tidak dikenakan biaya. (YAMIN)

 

loading...