Bangun Sinergitas, Kapolda Sulteng Silaturahim ke FKUB

oleh
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Inspektur Jenderal (Irjen ) Pol. Drs. Abdul Rakhman Baso, menyambangi Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulteng, Prof. Zainal Abidin di rumah kediamannya Jalan Pue Bongo No 68 Kelurahan Boyaoge, Kota Palu, Senin (14/9) malam. (FOTO: MAL/IKRAM)

PALU- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Inspektur Jenderal (Irjen ) Pol. Drs. Abdul Rakhman Baso, menyambangi Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulteng, Prof. Zainal Abidin, di kediamannya, Jalan Pue Bongo No 68, Kelurahan Boyaoge, Kota Palu, Senin (14/9) malam.

Pertemuan dan silaturahim terjadi dalam suasana santai, akrab dan serius. Dalam kesempatan tersebut Ketua FKUB Sulteng, Prof. Zainal Abidin mengatakan, pihaknya sangat terbuka membantu kepolisian dalam rangka menciptakan Kambitmas dan utamanya meningkatkan kerukunan antar umat beragama.

Ia mengatakan, sebagai leading sektor, FKUB terus berupaya  membina dan membangun kerukunan antar umat bergama dengan melakukan kunjungan ke rumah-rumah ibadah.

Hal ini dilakukan guna meyakinkan kepada umat masing-masing perbedaan hal yang wajar dan merupakan bagian ketetapan dari Allah SWT.

“Perbedaan agama, suku dan lainya jangan membuat kita  saling bertikai,” katanya.

Sebab kata dia, tanpa hidup rukun dan damai akan mengalami kehidupan yang sulit.

Dia mengatakan , dalam rangka mensukseskan Pilkada, pihaknya siap, bersama-sama dengan kepolisian menciptakan suasana kondusif  menjelang Pilkada di Sulteng.

” Silahkan memuji calonmu, tanpa harus menjelekan calon lain, ini akan kita gaungkan,” katanya.

Dalam bahasa FKUB kata dia, tidak perlu menjadi baik, dengan menjelekkan orang. Tidak perlu menjadi benar dengan menyalahkan orang.Dan tidak perlu menjadi tinggi dengan merendahkan orang lain.

Selain itu kata dia, pihaknya akan mendorong partisipasi pemilih, agar berbondong-bondong datang ke tempat pemungutan suara.

Dia menambahkan, dalam pandangan masing-masing agama, bahwa pemilihan itu, bagian dari ajaran agama.

Dalam Islam kata dia , taat kepada Allah SWT, taat kepada Rasul dan taat kepada pemimpin, artinya pemimpin itu tingkatan ketiga.
Sehingga memilih pemimpin, bagian yang snagat dianjurkan agama.

Kapolda Sulteng , Irjen Pol Abd. Rahkman Baso, mengatakan, ada tiga poin penting menjadi catatan serta perhatian kepolisian, poin pertama Pilkada harus lancar, aman, damai dan sehat, poin kedua Penanganan Covid 19 dan ketiga masalah radikalisme.

“Dari ketiga poin tersebut, dia berharap bisa bersinergi dengan semua pihak,” katanya.

Pertemuan dan silaturahim, ini turut dihadiri Kapolres Palu, AKBP Rizal Faisal, Dir Binmas Polda Sulteng, Pengurus FKUB Dr Arsyad Syukur , Dr Benny Yusman Katolik , Frengki Walelelng perwakilan Balai Keaelamatan, Maisa  perwakilan Aisya, Salawati, Fatayat NU, Sekretaris MUI Kota Palu, Munif Godal, Sekretaris FKUB Sulteng Muhtadin Dg Mustafa. Ketua NU Kota Palu.

Reporter: Ikram
Editor: Nanang

Iklan-Paramitha