Bangun Destinasi Wisata Sungai Poso, Pemkab Gandeng PT. Poso Energy

oleh
Acara penandatanganan parasasti destinasi wisata Poso oleh Bupati dan pihak PT. Poso Energy, Senin (09/09). (FOTO: MANSUR)

POSO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso berkerja sama dengan PT. Poso Energy, secara resmi memulai pekerjaan pembangunan destinasi wisata penataan Sungai Poso yang  berlokasi di hulu Danau Poso, Kelurahan Tentena, Kecamatan Pamona Puselemba.

Proyek Destinasi Wisata yang diperkirakan akan menghabiskan anggaran triliunan rupiah dengan desain bangunan serta fasilitas lengkap itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu, di tepi Sungai Poso, Senin (09/09).

Penandatanganan itu disaksikan pihak PT. Poso Energy, para tokoh adat Pamona, tokoh agama, pimpinan OPD terkait, unsur Tripika serta masyarakat setempat.

Manajer Proyek PT. Poso Energy, Saharuddin, mengatakan, kehadiran PT. Poso Energy di Kabupaten Poso telah banyak memberikan manfaat untuk warga, khususnya suplay aliran listrik yang kini bisa dinikmati selama 24 jam.

Menurutnya, setelah berhasil membuat terang wilayah Poso dan beberapa kabupaten lain, kini pihaknya kembali berupaya meningkatkan perekonomian warga dan PAD melalui pembangunan destinasi wisata penataan aliran Sungai Poso yang mulai mendangkal.

“Jadi mulai hari ini kita akan memulai menata aliran sungai Poso atau merevitalisasi. Sungai ini akan kita tingkatkan menjadi sungai yang bersih, layak dan bisa menjadi destinasi wisata,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya senantiasa melakukan semua kegiatan berdasarkan hasil penelitian yang mendalam dan melibatkan para pakar ekologi dan pakar sungai. Untuk itu, maka disimpulkan bahwa penataan tersebut sama sekali tidak akan merugikan siapa-siapa, termasuk warga setempat.

Pihaknya pun ikut mengapresiasi Pemkab Poso, khususnya Bupati yang senantiasa mendorong segera dilaksanakannya penataan Sungai Poso.

“Sejak awal, kami tidak ada maksud untuk menyengsarakan warga setempat, termasuk tidak akan merusak  waya masapi ataupun karamba milik warga,” tambah Saharuddin.

Di tempat yang sama, Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan, hasil pembangunan destinasi wisata tersebut nantinya juga berpulang dan dinikmati masyarakat setempat, di mana lokasi tersebut akan menjadi objek wisata, baik local ataupun mancanegara.

Darmin berharap, dengan adanya kerja sama yang baik, selanjutnya akan menjadi pintu masuk bagi PT. Poso Energy agar lebih peduli lagi terhadap kelestarian lingkungan di sekitar Danau Poso serta bisa memberikan nilai ekonomi kepada Pemkab dan masyarakat.

“Hari ini menjadi sejarah penting atas upaya kerja sama yang dilakukan Pemda bersama PT. Poso Energy serta dukungan masyarakat sehingga kota Tentena menjadi lebih ramai dengan kunjungan wisatawan local dan mancanegara,” ungkap Bupati.

Usai menggelar acara penandatanganan prasasti, Bupati Poso, pihak PT. Poso Enegy serta dinas terkait seperti Dinas Parawisata dan Dinas BLH meninjau langsung tata cara pengoperasian kapal pengeruk lumpur yang sudah disiagakan di lokasi.

Pembangunan Destinasi Wisata Sungai Poso yang rencananya akan memakan waktu hingga dua tahun ke depan akan dilengkapi beberapa fasilitas bangunan, seperti jembatan, arena olah raga seperti lapangan futsal, bulutangkis, fasilitas rumah ibadah serta beberapa sarana wisata lainnya. (MANSUR)