Atasi Drainase Tersumbat, Warga Ujuna Apresiasi Respon Cepat Dinas PU

oleh
Suasana perbaikan drainasi di Kelurahan Ujuna, Kota Palu, Kamis (27/9). (FOTO: MAL/HAMID)

PALU – Sebanyak 50 Kepala Keluarga (KK) di RW 07, Kelurahan Ujuna, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas respon cepat Dinas PU Palu, yang telah mengatasi permasalahan tersumbatnya drainase di wilayah mereka, Kamis (27/9).

Tokoh masyarakat Ujuna, Sahrul menuturkan, setelah menunggu sekian lama, persoalan drainase yang tersumbat itu, saat ini dapat terselesaikan.

“Alhamdulillah, masalah yang sudah bertahun-tahun ini, telah selesai,” kata Sahrul.

Menurut dia, selama ini, keluhan masyarakat yakni bau busuk akibat tergenangnya air di saluran itu. Bahkan kata dia, jika musim hujan, air meluap hingga ke jalan dan halaman rumah warga.

“Ucapan terimkasih juga kepada Wali Kota Palu Hidayat, atas perhatian dan bantuan, dimana memerintahkan Dinas PU memasang Box Culvert, yang tentunya kualitas betonnya hingg puluhan tahun digunakan,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Bidang Cipta Karya dan Sumber Daya Air Dinas PU Palu, Ismayadin mengatakan sebelum melakukan pekerjaan di Keluarahan Ujuna, pihaknya telah menurunkan tim survei dan melihat langsung kondisi drainase yang tersumbat itu.

“Setelah semuanya siap, kami langsung turun kelapangan dan mengerjakannya,” kata Ismayadin.

Terkait penggunaan Box Culvert, Ismayadin mengungkapkan itu sesuai dengan perintah dari pimpinan yakni Wali Kota Palu, dimana semua pekerjaan drainase menggunakan bahan tersebut.

“Kelebihan Box Culvert selain kekuatan bahan beton bertulang pra cetak yang berbentuk segi empat, juga mempunyai spigot dan socket yang berfungsi kedap terhadap masuknya air tanah, cepat dipasang, sehingga dalam waktu kurang dari sehari, warga sekitar sudah bisa melintas di jalan tersebut,” jelas Ismayadin. (HAMID)

loading...