ART Berbagi dengan 800 Kaum Dhuafa

oleh
Kegiatan buka puasa bersama di kediaman Abdul Rahma Thaha, di Kelurahan Lere, Kota Palu, pekan lalu. (FOTO: MAL/HAMID)

PALU – Salah satu figur yang akan ikut bertarung dalam Pilkada di Kabupaten Donggala tahun 2018 adalah Abdul Rahman alias Umang.

Pria berusia 46 tahun yang hoby sepak bola itu beberapa tahun terakhir ini nampak telah mulai dikenal ramai oleh masyarakat Donggala. Dia diprediksi mampu memenangkan Pilkada di Kabupaten Donggala tersebut.

Kekuatan massa pun diperlihatkan pria yang berlatar belakang pengusaha arsitektur itu ketika menggelar acara buka puasa bersama di kediamannya, Kelurahan Lere, Kota Palu. Kegiatan itu dihadiri sedikitnya 700 tamu undangan.

Abdul Rahman yang lebih akrab disapa Umang itu menuturkan, kegiatan Ramadhan Berbagi ini sebagai bentuk ibadah yang mengandung maksud, selain rasa peduli terhadap kaum dhuafa dan anak yatim, juga menjadi ajang silaturahmi seluruh komponen yang ada, baik keluarga, teman serta sebagian besar tokoh masyarakat dari Kabupaten Donggala.

Kegiatan juga dirangkai dengan pembagian paket Ramadhan kepada 50 anak yatim piatu, shalat magrib, Isya dan tarawih secara berjamaah.

Beberapa hari sebelumnya, pihaknya juga membagikan 800 paket lebaran kepada kaum dhuafa di Kabupaten Donggala. Kemudian membagi paket untuk warga di lingkungan sekitar Kelurahan Lere sebanyak 300 paket, aksi sosial seperti melakukan mengecat pagar 13 masjid di Donggala dan penyebaran 5000 lembar jadwal Imsakiyah.

“Jadi hari ini merupakan puncak dari kegiatan Ramadhan Berbagi yang diinisisasi oleh teman-teman Umang,” katanya, pekan lalu.

Kegiatan itu juga melibatkan beberapa komunitas seperti IKA Untad, IKA SMA 4, Amost, Perkindo, IKATT, IAI, dan tokoh masyarakat dari Sojol, Banawa, Dampelas dan Balaesang.

“Ini merupakan konsolidasi komunitas itu sendiri, karena sejauh ini kita memang belum membentuk tim sukses, namun semua kerja-kerja ini masih tergabung dalam satu wadah yakni tim kerja yang bernama “Teman Umang” bebernya.

Selain itu, pihaknya juga mengundang pimpinan partai politik di tingkat kabupaten, seperti Partai Golkar, Demokrat, Hanura dan PDIP.

Pada kesempatan itu, Ketua Ikatan Alumni Teknik Tadulako (IKATT) Sulawesi Tengah, Gufron, mengaku sangat mendukung figur Umang, apalagi yang bersangkutan adalah alumni teknik yang secara kemampuan individu sudah cukup bagus.

“Karena penataan kota itu memang membutuhkan orang-orang tehnik. Kaitannya dengan proses pembangunan, persoalan tehnik juga memiliki porsi yang besar untuk membangun suatu kota, baik infrastrukturnya, termasuk pembangunan fisik itu sendiri,” paparnya.

Berbicara sosok Abdul Rahman, tambah Gufron, dalam kaitannya pada kompetisi di Kabupaten Donggala, memiliki potensi besar dan mereka secara moral, mendukung sepenuhnya.

“Demikan pula harapan kami terhadap seluruh masyarakat Donggala. Dukungan yang kami berikan dalam bentuk apa saja, baik sebelum dan sesudah terpilihpun kami akan mengerahkan seluruh kekuatan alumni tehik itu untuk membantu beliau,” bebernya.

Dirinya selaku Ketua IKKAT Sulteng akan mendorong dan mendukung para alumni, termasuk maju dalam ajang pemilihan kepala daerah.

“IKKAT ini didirikan sejak tahun 1984, setahun setelah adanya Fakultas Tehnik pertama di Untad dengan jumlah alumni saat ini sudah mencapai 6000 orang,” tutup Gufron. (HAMID)