Aristan Usung Program 1 Miliar per Kelurahan

oleh
Aristan

PALU – Bakal calon Walikota Palu periode 2020-2024 yang diusung Partai NasDem, Aristan, melalui gagasan “Dari Pinggiran Bangun Palu”memperkenalkan program-program khusus. Salah satunya adalah program 1 Miliar untuk setiap kelurahan dalam tiap tahun anggaran.

Menurut mantan Direktur Walhi tersebut, gagasan 1 Miliar untuk setiap kelurahan tidak lahir tanpa alasan. Tetapi muncul dari diskusi bedah APBD Kota Palu dengan relawan dan ahli APBD.

Bagi Aristan, mestinya anggaran bisa dialokasikan ke hal-hal yang paling penting yang berhubungan dengan kebutuhan langsung warga.

“Program alokasi anggaran 1 miliar ke setiap kelurahan merupakan bagian dari usaha untuk memenuhi kebutuhan langsung warga. Terutama warga pinggiran atau marginal yang tidak tersentuh oleh kegiatan pembangunan,” ujarnya.

Melalui program program ini, kata dia, warga di setiap kelurahan, melalui forum-forum warga yang difasilitasi pemerintah kecamatan dan kelurahan, diberikan kewenangan untuk merumuskan serta mengelola pembangunan di wilayahnya.

Dengan demikian, pembangunan di tingkat kelurahan dapat sesuai dengan kebutuhan mereka.

“Kita mau bangun tradisi baru dalam pemerintahan, di mana setiap orang dan kelompok masyarakat bisa terlibat dalam proses perencanaan pembangunan Kota Palu. Dengan demikian, setiap warga tidak terpinggirkan dari setiap  kebijakan pembangunan,” ungkap Aristan.

Aristan menguraikan, program 1 Miliar per kelurahan merupakan satu dari sekian banyak program yang akan diprioritaskan jika terpilih menjadi Walikota Palu.

Bahkan menurutnya, angka 1 Miliar per kelurahan itu bisa bertambah jika  APBD dikelola dengan baik, transparan, dan berorientasi pada kebutuhan warga. (IST)