Ansor Sulteng Soroti Tantangan Besar Pemuda Masa Kini

oleh
Pelatihan Kader Dasar (PKD) Ansor di Desa Watatu, Kecamatan Banawa Selatan, Kabupaten Donggala belum lama ini.(IWANLAKI)

DONGGALA– Ketua Pengurus Wilayah  Gerakan Pemuda Ansor Sulawesi Tengah (PW Ansor Sulteng), Alamsyah Palenga mengatakan, ada tiga tantangan pemuda Indonesia masa kini yang segera dicarikan solusinya. ” Ada empat tantangan besar Pemuda Indonesia saat ini yang segera kita carikan solusinya yakni  kemiskinan, narkoba, intoleransi dan radikalisme.” Kata  Alamsyah saat membuka Pelatihan Kader Dasar (PKD) PC. Ansor Donggala di desa Watatu, Kecamatan Banawa Selatan dua hari lalu.

Dikatakan, sebagai organisasi kepemudaan, Ansor terus bergerak tanpa henti untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut, tentu saja dengan dukungan segenap masyarakat.

Menurut Alamsyah yang juga akademisi Universitas Tadulako ini, Badan Otonom Nahdlatul Ulama (Banom, NU), yang dipimpinnya itu sudah punya solusi untuk mengatasi tantangan tersebut,” untuk kemiskinan kita punya program ansorpreneur. Narkoba, kita punya BAANAR alias Badan Ansor Anti Narkoba.Intoleransi dan radikalisme, kita punya Majelis Dzikir Rijalul Ansor dan Banser alias Bantuan Ansor Serbaguna.” Ujarnya.

Alamsyah menambahkan,  akhir-akhir ini antusias masyarakat khususnya pemuda cukup  tinggi  kepada Ansor untuk mengikuti Pelatihan Kader maupun Diklatsar yang dilakukan oleh Barisan Ansor Serbaguna (Banser)

Diuraikan, dalam sebelas bulan  terakhir telah dilaksanakan 14 kali pengakderan Ansor di wilayah Sulawesi Tengah, baik itu PKD, DIKLATSAR maupun DTD.”Insya Allah, dua bulan ke depan, maret dan april kami melaksanakan enam  pengkaderan lagi, atas permintaan masyarakat di Luwuk, Ampana, Lalundu, Palu dan Pantai Barat.” pungkasnya.IWANLAKI