Anies-Sandi Menang, Takbir!

oleh

JAKARTA – Anggota Front Pembela Islam (FPI) melakukan sujud syukur setelah menunaikan salat Ashar di Masjid Baitul Rohman, Petamburan, Jakarta Pusat. Mereka melakukan sujud syukur setelah pasangan Gubernur/Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno unggul dari rivalnya Basuki Tjahaya Purnama (Ahok)-Jarot, versi hitung cepat.

“Kami mensyukuri rahmat Allah,” ujar Imam Masjid kepada jamaah.

Seusai sujud syukur, Imam masjid meminta para jemaah untuk mengumandangkan takbir. Namun, para jemaah diminta tidak mengangkat tangan.

Diketahui, hasil hitungan cepat (quick count) sementara, Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC), Anies Baswedan-Sandiaga Uno unggul, meraih 59.9 persen dari pasangan Ahok-Djarot 41,1 persen. Demikian halnya dengan lembaga survei lainnya.

Bahkan, pasangan Anies-Sandi juga unggul di TPS 008, yang merupakan tempat mencoblosnya calon Wagub DKI, Djarot Saiful Hidayat.

Di TPD ini, Anies-Sandi memperoleh 212 suara, sementara Ahok-Djarot hanya memperoleh 107 suara.

“Salam ‘Selamat datang gubernur baru, Anies-Sandi’ agaknya segera berkibar. Tapi sekali lagi, itu setelah data exit poll dibenarkan oleh quick count,” kata Ketua Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengatakan, kemenangan Anies-Sandi adalah kemenangan rakyat miskin.

“Kemenangan ini adalah kemenangan rakyat barisan paling bawah,” katanya.

Sebab kata dia, rakyat miskin itu tidak mau disogok dengan uang atau sembako. “Mereka membuktikan bahwa kedaulatan rakyat masih hidup di Republik Indonesia,” tutur mantan Komandan Jenderal Kopassus ini.

Di bagian lain, Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap pasangan Ahok-Djarot bisa legowo dan menerima hasil Pilkada DKI Jakarta. Meski hasil belum final, JK menyebut hampir bisa dipastikan Anies-Sandi yang akan memimpin DKI Jakarta lima tahun mendatang.

JK yakin tak ada banyak perubahan soal hasil hitung cepat Pilkada ini. Pasalnya perbedaan perolehan suara dua pasangan calon ini cukup jauh mencapai belasan persen.

Di hari yang sama, Ahok telah mengatakan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua.

“Selamat Pak Anies dan Pak Sandi, kita semua sama karena Jakarta rumah kita bersama. Semoga Jakarta bisa lebih baik, kami harapkan kedepan semua lupakan selama kampanye dan pilkada,” ucap Ahok.

Ia menuturkan, masih ada waktu enam bulan masa jabatan menjadi Gubernur DKI Jakarta. Ia berjanji akan bekerja cepat melunasi pekerjaan dan janji-janjinya. (RIFAY/ROL/DETIK DAN BERBAGAI SUMBER)

loading...

Tentang Penulis: Fauzi Lamboka

Gambar Gravatar
Belajar Menulis dan Menulis untuk Belajar