Alhamdulillah, Pasport Calhaj Sulteng Tuntas 100 Persen

oleh
Sejumlah Staf Bidang PHU Kanwil Kemenag Sulteng sedang menyortir kelengkapan dokumen Calhaj di Kantor Kanwil Kemenag Sulteng, Kamis (11/07) (FOTO : MAL/MOH. YAMIN)

PALU – Bidang Penyelangara Haji dan Umroh (PHU) Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulteng memastikan bahwa seluruh Jemaah Calon Haji (Calhaj) Sulteng sudah memiliki pasport.

“Semua sudah punya pasport, bahkan 450 pasport jemaah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama Sulteng atau Kloter 07 BPN sudah dikirim ke Jakarta untuk dibuatkan visa,” kata Kepala Seksi Informasi Haji, Kanwil Kemenag Sulteng, Abdul Haris, di Palu, Kamis (11/07).

Kepala Seksi Informasi Haji, Kantor Wilayah Kemena) Sulteng, Abdul Haris di Palu, Kamis (11/07) (FOTO : MAL/MOH. YAMIN)

Selanjutnya, kata Haris, pasport Kloter 08 sampai 11 BPN direncanakan akan menyusul ke Jakarta pada Jumat 12 Juli 2019 (hari ini-red).

Haris menjamin, seluruh Visa Calhaj akan tiba di Sulteng sebelum pemberangkatan kloter pertama ke Embarkasi Balikpapan (BPN). Karena menurutnya, pembuatan visa untuk Sulteng hanya membutuhkan waktu tiga hari.

“Kalau pasport Jumat dikirim ke Jakarta, kami sudah bisa menjemputnya empat hari kemudian,” katanya.

Haris mengaku, tahun ini pihaknya tidak menemukan kendala yang krusial dalam mengurus dokumen Calhaj. Semua itu terjadi atas kerja sama yang baik antara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) kabupaten/kota dengan PPIH Provinsi.

“Semua pengurusan dokumen aman. Walau kemarin di Morowali sempat ada kendala kecil  yang mengakibatkan sedikit keterlambatan soal pembuatan pasport, karena waktu itu Imigrasi yang ada di Banggai masih melakukan update. Yang kedua itu masalah surat vaksin, itupun karena ada jemaah tambahan yang melunasi di tahap tiga yang mereka masih memerlukan pembuatan pasport dan cek kesehatan. Tapi sekarang ini semua sudah beres,” jelasnya. (MOH. YAMIN)